Minggu, 30 September 2012

PENYEMBUHAN ALA MELIA BIYANG & PROPOLIS 72 PENYAKIT dr. Yuliana Sari, MKM

PENYEMBUHAN
ALA MELIA
BIYANG & PROPOLIS

72 PENYAKIT
dr. Yuliana Sari, MKM


KATA PENGANTAR
Masalah kesehatan semakin banyak di beritakan oleh media massa. Berbagai kasus kesehatan bahkan masuk menjadi headline. Masalah - masalah kesehatan yang menjadi issue di media terdiri dari kasus / kejadian, kebijakan, penanggulangan penyakit dan lain - lain.
Demikian juga penggunaan obat herbal terus meningkat dari tahun ketahun. Namun di masyarakat terdapat anggapan yang salah mengenai obat herbal. Karena menganggap obat herbal aman, masyarakat kerap mengkonsumsinya secara bebas, tanpa mempertimbangkan dosis, bahkan menggunakannya bersamaan dengan obat konvensional.
Apakah obat herbal bebas dari elek samping ? Guru besar Fak Farmasi UGM Joko Wahyono menjawab :" semua zat asing yang masuk ke tubuh itu ada efek sampingnya, baik efek positif maupun efek negatif / efek samping. Efek samping itu belum tentu merugikan. Obat herbal juga sama dengan obat sintetik, artinya mempunyai efek samping. Sebab pada dasarnya yang dinamakan obat itu termasuk obat herbal, adalah racun. Racun akan menjadi obat jika diberikan dengan dosis / takaran yang tepat, baik jumlah maupun frekwensinya, kepada pasien yang tepat, dan dalam jangka waktu yang tepat."
Jadi untuk produk Melia dosis pemakaian hendaknya juga dalam batas - batas yang sudah digariskan dalam brosur dari PT. Melia Nature Indonesia, kiranya dapat kita pedomankan secara bersama sama dengan nyaman. Semoga buku ini dapat bermanfaat untuk segenap leader, segenap distributor, segenap pencinta Melia Biyang dan propolis di seluruh Indonesia.
Kami minta maaf atas ketidak lengkapan dan ketidak sempurnaan buku ini baik dalam hal penyajian maupun dalam kata -kata / bahasa yang jauh dari dimengerti. Semoga kritik dan saran dari para leader maupun para distributor dapat memperbaiki dan menyempurnakan buku ini.
Terima kasih kami ucapkan kepada segenap partisipan yang sudah menyumbangkan segala usul dan saran sebagai masukan yang berguna dan sebagai motivasi hingga terwujudnya buku ini.
Salam sukses selalu.

KATA PENDAHULUAN
Banyak penyakit muncul dan mengakibatkan kematian karena meningkatnya pencemaran udara, tanah, air dan laut, akibat terpapar oleh zat polutan organik dan kimiawi. Sebagai contoh efek toksik pada timbal ( Plumbum ) dapat mengganggu fungsi hati, saluran pencernaan dan sistim saraf. Kandungan timbal juga menurunkan tingkat kecerdasan anak, menurunkan fertilitas dan kualitas spermatozoa.
Penyakit juga terjadi karena fktor radikal bebas dalam tubuh kita, mengapa ? Radikal bebas terjadi pada setiap proses pernapasan, proses metabolisme, olah raga yang berlebihan dan terjadi juga pada kasus peradangan di tubuh. Radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan sel, mengurangi kemampuan sel untuk beradaptasi terhadap lingkungan, dan pada akhirnya dapat menyebabkan kematian sel sehingga menimbulkan gangguan / penyakit.
Penyakit juga terjadi karena pemanasan global / perubahan cuaca, keterbatasan akses air bersih, polusi udara, kekurangan udara bersih, dan lainnya. Mungkin bisa dibilang bumi saat ini sedang jatuh sakit.
Maka semasa kita sehat, kita harus bisa mencegah penyakit itu dengan melakukan seleksi yang baik terhadap apa yang kita makan minum dan menjaga tingkah laku kita masing – masing untuk menghindari sakit penyakit itu.
Kalaupun sudah jatuh sakit pilihlah pengobatan yang aman dan cepat tuntas sehingga seluruh sel sel tubuh kita bisa mengalami pemulihan secepatnya.
Semoga gambaran penyakit yang diuraikan dalam buku ini dapat membantu menganalisa masalah kesehatan bapak / ibu dan saudara saudari sekalian atau menolong sesama anggota Melia dalam penerapan pemakaian Propolis dan HGH Biyang sehingga tercapai hasil penyembuhan yang memuaskan.


 

INDEKS
1. Alergi
2. Ambeien / Wasir
3. Apendiksitis
4. Alzeimer
5. Anemia
6. Asam Lambung
7. Asam Urat
8. Asma
9. Batuk
10. Sputum
11. Batuk darah
12. Batu saluran kencing
13. Biduran / kaligata
14. Brokitis
15. Darah tinggi / Hipertensi
16. Demam Berdarah Dengue
17. Diabetes melitus
18. Diare
19. Detoksifikasi
20. Diet
21. Epilepsi
22. Filariasis
23. Flu burung
24. Flu tipe A
25. Gigi dan mulut
26. Ginjal / GGA
27. Gondok
28. Sindrom Guillan Barre
29. Hepatitis
30. HIV / AIDS
31. Influensa
32. Infeksi telinga tengah
33. Imunisasi
34. Impotensi
35. Jantung
36. P. Aterosklerotik koroner
37. Kanker Kolon
38. Keputihan
39. Krista Ovarium
40. Kram & nyeri otot
41. Kolesterol
42. Trigliserida
43. Hiperlipidemia
44. Hiperthyroid
45. Kulit
46. Herpes Zoster
47. Herpes Simpleks
48. Kanker payudara
49. Lelah
50. Lupus
51. Mata
52. Menopause
53. Mioma Uteri
54. Mual dan muntah
55. Pneumonia balita
56. Hiperplasi prostat
57. Prostatitis
58. Kanker prostat
59. Penyakit darah
60. Gonore
61. Herpes genitalis
62. Trichomoniasis
63. Sipilis
64. Osteoporosis
65. Typus abdominalis
66. Tuberkulose
67. Sirhosis hati
68. Sinusitis
69. Stroke
70. Stres
71. Sembelit
72. Varises
1. ALERGI
Adalah yang menjelaskan suatu keadaan mulai dari serangan bersin dan mata berair sampai ruam merah yang gatal dan napas yang mengikik setelah membelai binatang piaraan, atau terjadinya pembengkakan bibir dan lidah selelah makan sesuatu.
Jenis -jenis alergi yang paling umum ialah :
1. Demam serbuk sari dan mata gatal
2. Demam makanan
3. Alergi terhadap sengatan lebah dan tawon
4. Asma
5. Ruam kemerahan pada kulit
Penyebab alergi di sekitar kita : Tungau / kutu rumah, terutama tinjanya, merupakan penyebab alergi utama yang menyerang hingga 90% penderita alergi. Serbuk sari rumput. Binatang peliharaan terutama anjing dan kucing. Tanaman merupakan penyebab umum demam serbuk sari. Jamur – jamur. Alergi makanan.
Pencegahan : Kurangi kelembaban udara dengan membuka jendela dan pintu kamar mandi dan dapur segera setelah memasak, mencuci dan mandi. Jangan mengeringkan pakaian di dalam rumah. Bersihkan debu, kurangi pemakaian karpet, karena debu dapat menumpuk terutama jika karpet sulit dibersihkan. Cuci sprei pada suhu tinggi / 60ºC untuk membunuh tungau / kutu rumah. Hindari makanan / obat yang menyebabkan gatal – gatal dikulit dan wajah.
Pengobatan : Obat anti alergi Pada alergi gunakan Propolis 3 x 10 tetes perhari Tunggu beberapa jam maka gatal – gatal atau ruam kemerahan di wajah / kulit kian berkurang.
2. AMBEIEN / WASIR
Adalah kumpulan dari pelebaran pembuluh darah vena di daerah anorektal ( anus ). Kelainan ini juga yang bila terdapat pada tungkai bawah maka disebul varises.
Penyebab I faktor risiko : Keturunan : dinding pembuluh darah yang lemah dan tipis. Anatomik : vena di daerah anorektal tidak mempunyai katub. Pekerjaan : orang yang harus berdiri atau duduk lama, atau harus mengangkat barang berat, mempunyai resiko untuk hemoroid. Umur : pada umur tua timbul degenerasi di seluruh jaringan tubuh, juga pada tonus otot anus. Endokrin : pada wanita hamil sering terjadi pemekaran vena di kaki dan anus. Mekanis : semua keadaan yang menimbulkan tekanan yang meninggi di rongga perut. Radang : adalah factor penting yang menyebabkan lemahnya jaringan di daerah tsb.
Wasir : biasanya benjolan ini keluar dari anus kalau penderita mengedan, tapi dapat dimasukkan kembali dengan cara menekan benjolan dengan jari. Rasa nyeri pada perabaan menandakan adanya bendungan, yang biasanya disertai penyulit / komplikasi seperti infeksi, abses / nanah sekitar anus.
Ini harus dibedakan dengan hemoroid eksternus / yang sudah berada diluar anus, yang tetap keluar karena sudah terjepit.
Gejala – gejala :
Keluhan utama adalah pendarahan, meskipun kadang tak ada. Pendarahan pada umunya timbul pada waktu buang air besar atau sesudahnya. Darah yang keluar biasanya merah muda segar dan hanya menetes saja, kadang juga sampai menyemprot.
Rasa nyeri yang hebat terus menerus adalah gejala radang. Seringkali mengeluh tentang adanya perasaan ingin BAB palsu atau merasa seolah BAB tidak puas.
Komplikasi :
Perdarahan yang tidak dapat dihentikan harus segera ditolong dengan operasi.
Pencegahan peradangan di daerah anal : Diet tinggi serat, dan kebersihan diri. Wasir yang masih dapat dimasukkan ke dalam anus, mudah disembuhkan dengan konsumsi Propolis 4 – 5 x 10 tetes per hari disertai makan banyak sayur tinggi serat dan buah – buahan. Hindari dulu makan sambal / cabai pedas. Biasakan rutin teratur BAB setiap hari sehingga mencegah konstipasi / BAB keras.
3. APENDIKSITIS
Apendiks Vermiformis merupakan tabung buntu berukuran sekitar jari kelingking yang terletak pada daerah ileosekal ( batas usus halus dan usus besar ).
Fungsi apendiks tidak diketahui, kadang – kadang apendiks disebut ” tonsil abdomen ” karena ditemukan banyak jaringan limfoid sejak dalam kandungan ibu dan mencapai puncaknya pada kira – kira umur 15 tahun, yang kemudian mengalami atrofi / mengecil serta praktis menghilang pada umur 60 tahun.
Apendiksitis didapatkan 1,3 – 1,6 kali lebih sering pada laki – laki dari pada wanita.
Merupakan suatu peradangan pada Apendiks yang mengenai semua lapisan dinding organ tersebut, diduga karena sumbatan rongganya yang diikuti dengn infeksi oleh bakteri. Sumbatan biasanya disebabkan oleh fekolit ( feses keras ) mengakibatkan pembengkakan, infeksi dan perlukaan kantung Apendiks
Pada kasus Akut / mendadak, gejala – gejala permulaan adalah nyeri atau perasaan tidak enak sekitar pusar diikuti oleh rasa enek, mual dan muntah. Gejala – gejala ini umunya berlangsung lebih dari 1 atau 2 hari. Dalam beberapa jam nyeri bergeser ke bagian perut kanan bawah dan mungkin terdapat nyeri tekan di sekitar daerah tersebut.
Kemudian dapat timbul kram otot dan nyeri Iepas. Biasanya ditemukan demam ringan dan jumlah leukosit tinggi pada pemeriksaan laboratorium.
Bila Apendiks pecah / ruptur, nyeri seringkali hilang secara dramatis untuk sementara.
Pengobatan : dengan pembedahan / operasi untuk membuang apendiks setiap saat, siang atau malam. Bila pembedahan dilakukan sebelum ruptur maka perjalanan sesudah operasi umumnya tanpa komplikasi dan pasien dapat segera pulang dari RS.
Setelah pembedahan, gunakan Propolis baik diminum untuk pemakaian dalam maupun diteteskan pada lokasi tempat jaitan luka operasi. Propolis diminum 4 – 5 x 10 tetes per hari ( pada dewasa muda ) sampai rasa sakit hilang dan luka operasi kering / sembuh.
4. ALZEIMER
Penyakit Alzeimer adalah penyakit yang merusak saraf dan menimbulkan kelumpuhan, yang terutama menyerang orang berusia 65 tahun keatas. Perkiraan terakhir menyatakan bahwa sekitar 10% orang dalam kelompok usia tersebut menderita penyakit ini dengan gejala demensia / pikun. Sampai sekarang penyebabnya belum diketahui, tetapi ada 3 teori utama mengenai penyebabnya :
1. Virus
2. Proses Autoimun
3. Keracunan Aluminium.
Selama tahap awal dari penyakil Alzeimer pasien masih bisa tidak tergantung kepada orang lain, tetapi kadang-kadang mengalami kehilangan kemampuan untuk menyelesaikan masalah, mengatasi keadaan yang kompleks dan berpikir abstrak, emosinya labil, pelupa, apati, dan hilangnya ingatan / memori terhadap kejadian yang baru. Sejalan dengan perkembangan penyakit, tingkah laku pasien menjadi aneh dan kacau, dan cenderung mengembara dan mempunyai dorongan tiba - tiba untuk melakukan kekerasan. Anggola keluarga harus tetap menjaga agar pasien tidak melukai orang lain. Memburuknya keadaan dapat diperkirakan dan terjadi setelah 3 - 10 tahun. Pada tahap lanjut dari penyakit, pasien tidak dapat mengatur buang air, tidak dapat mengurus keperluan dasar sehari-hari, atau mengenali anggota keluarga. Kematian biasanya disebabkan oleh inleksi atau malnutrisi. Sebab – sebab Demensia / pikun : Infeksi : Neirosifilis Tuberkulosis Penyakit – penyakit Virus Kelainan Metabolik : Hipotiroidisme : Ketidakseimbangan elektrolit Nutrisional : Kekurangan vitamin B12, niasin/B3 dan kekurangan Vit B1 Tumor : Hematoma Subdural : Abses Keracunan : Obat – obatan, Alkohol dan Arsen Gangguan Vaskuler : Embolus Otak dan Vaskulitis otak Lain – lain : Penyakit Parkinson, Depresi
Penanganan pasien alzeimer melibatkan keluarga Obatnya : Obat penenang dan Antidepresi yang dapat berguna dalam mengendalikan tingkah laku pasien. MELIA : HGH 3 x 5 semprot ( bangun tidur, siang, malam ) Propolis 4 x 10 tetes per hari
5. ANEMIA
Menurut defenisi, anemia adalah pengurangan jumlah sel darah merah, jumlah hemoglobin, dan volume sel darah merah ( hematokrit ) per 100 ml darah.
Karena jumlah efektif sel darah merah berkurang, maka lebih sedikil O2 yang dikirimkan ke jaringan. Anemia dapat terjadi karena kehilangan darah yang mendadak ( 30% atau lebih ), seperti pada perdarahan.
Tanda dan gejala yang sering timbul adalah gelisah, diaforesis ( keringat dingin ), denyut jantung cepat, sesak napas, kolaps sirkulasi dan syok. Anemia banyak jenisnya dan dibedakan berdasarkan sebabnya atau bentuk sel darah merahnya. Kami akan membahas Anemia kekurangan zat besi.
Kekurangan besi terjadi akibat besi dalam makanan kurang, gangguan penyerapan, perdarahan kronik dan kebutuhan yang meningkat.
Susu merupakan minuman yang miskin zat besi sehingga anak yang hanya minum susu sering menderita kekurangan besi. Beda dengan orang dewasa yang hanya membutuhkan 1 mg besi setiap hari maka jarang terjadi anemia kekurangan zat besi. Anemia kekurangan besi terjadi karena :
 Penyakit dasar misalnya luka yang menyebabkan pendarahan.
 Anemia sendiri.
 Gangguan fungsi sel akibat aktivitas ensim berkurang.
Gejala Anemia kekurangan besi :
Lemah, mudah tersinggung dan sakit kepala merupakan keluhan umum pada wanita. Manifestasi yang paling menonjol adalah pucat, glossitis ( lidah licin dan merah ), stomatitis I sariawan dan kuku jari menjadi cekung kedalam seperti sendok.
Pengobatan : Konsumsi vitamin dan mineral cukup, atasi sebab - sebab perdarahan. Konsumsi makanan tinggi energi dan protein. Konsumsi Propolis rutin : 3 x 7 tetes pada remaja, dewasa muda. Kalau ada perdarahan maka tetesan ditambah menjadi 3 – 4 x 10 tetes per hari sampai pemeriksaan darah HB mencapai 12 mg%.
6. Asam Lambung
Asam lambung dihasilkan atau diproduksi oleh mukosa / lapisan dalam dinding lambung, terdiri dari asam hidroklorida, gastrin, faktor intrinsik dan mukus.
Gunanya asam lam bung adalah untuk mencerna makanan dan membunuh kuman-kuman yang masuk bersama makanan. Tetapi ada kalanya produksi asam lambung ini berlebihan sehingga menyebabkan mukosa / lapisan dinding lambung sendiri diserang, maka terjadilah Gastritis.
GASTRITIS
Gastritis merupakan suatu peradangan mukosa lambung yang dapat bersifat akut, dan kronik.
GASTRITIS AKUT
Gastritis akut merupakan penyakit yang sering ditemukan, biasanya jinak dan dapat sembuh sendiri. Merupakan respon mukosa lambung :erhadap berbagai iritan lokal.
Contoh iritan lokal adalah :
Kafein, Alkohol, aspirin dan toksin bakteri.
Makanan berbumbu termasuk lada, cuka atau mustard.
Gejala klinik yaitu
Mual, nyeri lambung, kembung, muntah, perdarahan lambung dan muntah darah.
Nyeri ulu hati adalah sensasi terbakar di bagian atas perut yang terjadi karena asam lambung berlebihan mulai bergerak naik menuju kerongkongan / esofagus.
Kembung terjadi karena adanya gas dalam jumlah berlebihan dilambung atau usus. Akibatnya perut terasa kencang,
Gejala-gejala dapat mereda bila agen - agen penyebab dapat dihilangkan. Obat-obat anti muntah dapat membantu menghilangkan mual dan muntah. Jika muntah terus menerus maka perlu pemberian infus intravena. Perlu juga pemberian antasid. Pada penyakit Gastritis perlu konsumsi Propolis 3 x 10 tetes per hari, sebelum makan, sampai rasa mual, muntah dan enek hilang. Disertai pantang makan makanan yang mengandung gas seperti kol, tauge, dan makanan berbumbu, minuman ber- alcohol dan bersoda. Selama sakit, makan sering dengan porsi kecil / 5 x sehari.
7. ASAM URAT
Pada keadaan normal kadar asam urat serum pada pria mulai meningkat setelah pubertas, pada wanita kadar asam urat tidak meningkat sampai setelah menopause. Karena estrogen meningkatkan ekskresi / pengeluaran melalui ginjal. Setelah menopause kadar asam urat serum meningkat seperti pada pria.
Asam urat adalah hasil metabolisme protein di dalam tubuh, oleh karena itu penyakit ini berkaitan erat dengan diet, berat badan dan gaya hidup.
Makanan yang mengandung purin adalah berbahaya karena menyebabkan tingginya asam urat serum.
Contoh makanan yang mengandung purin yang tinggi ialah daging jeroan seperti hati, ginjal, pankreas, dan otak.
Juga beberapa macam daging ham, minuman alkohol yang berkelebihan.
Kelebihan kadar asam urat serum dapat menyebabkan penyakit Gout.
Penyakit Gout terjadi karena asam urat yang berlebihan ini membentuk kristal di sendi-sendi dan jaringan – jaringan sekitarnya. Kristal ini bentuknya seperti jarum dan dapat mengakibatkan reaksi peradangan yang jika berlanjut akan menimbulkan nyeri hebat.
Gejala – gejala Penyakit Gout :
1. Hiperurisemia / kadar asam urat serum meningkat
( Normal pada laki – laki : 5,1 mg/100ml ; pada wanita : 4,1 mg/100ml )
2. Artritis gout akut.
Terjadi pembengkakkan pada sendi secara mendadak dan nyeri yang luar biasa, biasanya pasa sendi ibu jari kaki dan telapak. Dapat juga terjadi pada sendi jari – jari tangan, lutut, mata kaki, pergelangan tangan dan siku.
3. Serangan gout akut, yaitu serangan ulangan dalam waktu kurang dari 1 tahun.
4. Serangan gout kronik akibat kristal – kristal asam urat mengakibatkan nyeri, sakit dan kaku juga pembesaran dan penonjolan dari sendi yang bengkak.
Gout dapat juga merusak ginjal sehingga pembuangan asam urat akan bertambah buruk, lebih lanjut dapat menyebabkan hipertensi ringan. Batu ginjal yang berasal dari asam urat juga dapat terbentuk sebagai akibat sekunder dari gout.
Pengobatan gout tergantung dari tahap penyakitnya.
Hiperurisemia tidak membutuhkan pengobatan
Serangan akut dari arthritis gout diobati dengan anti bengkak nonsteroid. Konsumsi Propolis 3 – 4 x 10 tetes per hari sampai rasa sakit dan bengkak hilang. Pantang makan jeroan, selanjutnya makanan yang mengandung purin juga harus dikurangi. Bagi yang usia > 40 tahun boleh konsumsi HGH Biyang sesuai aturan.
8. ASMA
Asma adalah keadaan klinik yang ditandai oleh masa penyempitan jalan napas I bronhus yang reversibel. Penyempitan ini terjadi karena dinding bronhus mengalami pembengkakkan atau bronhus memproduksi lendir yang kental dan berlebihan.
Arti reversibel ialah asma dapat timbul dan hilang artinya diantara serangan asma yang khas ada kalanya penderita bebas dari mengi dan gejala. Tetapi kalau asma sudah kronik maka masa tanpa serangan ini sudah tak ada, jadi penderita mengalami serangan terus menerus - sering disertai infeksi sekunder / infeksi kedua.
Asma biasa terjadi mulai usia kanak - kanak dengan riwayat pada keluarga yang mempunyai penyakit alergi termasuk ekzeme, dermatitis ( infeksi di kulit), dan asma sendiri.
Asma alergik disebabkan karena kepekaan individu terhadap alergen, biasanya protein, dalam bentuk serbuk sari yang dihirup, bulu halus binatang, kain pembalut, atau yang lebih jarang, terhadap makanan seperti susu atau coklat. Selain itu ada faktor - faktor lain yang dapat memicu serangan asma seperti flu biasa, latihan fisik, atau emosi.
Gejala - gejala Asma :
Sesak napas, penderita merasa seperti tercekik dan harus berdiri atau duduk dan berusaha penuh mengerahkan tenaga untuk bernapas. Serangan asma seperti ini dapat berlangsung beberapa menit sampai beberapa jam, diikuti dengan batuk produktif yang banyak sekali dengan dahak berwarna keputih - putihan.
Kalau serangan hebat sampai berhari-hari dan tak dapat ditanggulangi dengan cara pengobatan yang biasa maka fungsi pernapasan / ventilasi dapat lebih memburuk sehingga mengakibatkan kulit membiru / cyanosis,
Pengobatan : obat anti asma yang khas.
Jauhkan alergen yang sudah dikenal seperti bulu binatang dll.
Penyakit asma dapat berlanjut menjadi atau didampingi oleh penyakit Bronchitis kronik dan Emfisema. Penyakit ini menyerang pria dua kali lebih banyak dari pada wanita. Diperkirakan karena pria merupakan perokok yang lebih berat dibandingkan wanita tetapi angka kejadiannya pada wanita semakin meningkat sedang pada pria stabil. Untuk Asma digunakan Propolis 4 x 15 tetes per hari. Kalau sangat sesak maka perlu dibantu dengan pemakaian gas Oksigen. Penderita harus istirahat, makan makanan lunak / cair dan tetap makan obat penanggulangan Asma.
9. BATUK
Batuk merupakan suatu refieks protektif yang timbul akibat iritasi di jalan napas I trakeobronkial. Kemampuan untuk batuk merupakan mekanisme yang penting untuk membersihkan saluran napas bagian bawah. Kebanyakan orang dewasa normal, batuk beberapa kali setelah bangun pada pagi hari untuk membersihkan saluran napas dan faring dari lendir yang terkumpul selama mereka tidur. Batuk juga merupakan gejala yang paling umum dari penyakit pernapasan. Segala jenis batuk yang berlangsung lebih dan tiga minggu harus diselidiki untuk memastikan penyebabnya.
Rangsangan yang biasanya menimbulkan batuk adalah rangsangan mekanik, kimia dan peradangan. Inhalasi debu, asap dan benda - benda asing keciI merupakan penyebab paling sering dari batuk. Perokok seringkali menderita batuk kronik karena terus menerus mengisap benda asing ( asap ) dan saluran napasnya sering mengalami peradangan kronik. Rangsangan mekanik dari tumor, baik yang ekstrinsik maupun intrinsik terhadap saluran napas merupakan penyebab lain yang dapat menimbulkan batuk ( tumor yang paling sering menimbulkan batuk adalah karsinoma bronkogenik).
Setiap proses peradangan saluran napas dengan atau tanpa lendir dapat mengakibatkan batuk. Bronkitis kronik, Tuberkulosis dan Pneumonia merupakan penyakit yang secara tipikal memiliki batuk sebagai gejala yang mencolok.
Batuk dapat bersifat produktif, atau keras dan parau ( seperti ada teka nan pada trakea ).
Untuk batuk yang sering, konsumsi Propolis 5 x 10 tetes per hari, sampai gejala mereda. Jika > 3 minggu batuk tidak mereda maka konsultasi ke dokter atau lakukan pemeriksaan foto rontgen thorax untuk mengetahui penyakit, juga minum obat batuk ekspektoran.
9. BATUK
Batuk merupakan suatu refleks protektif yang timbul akibat iritasi di jalan napas I trakeobronkial. Kemampuan untuk batuk merupakan mekanisme yang penting untuk membersihkan saluran napas bagian bawah. Kebanyakan orang dewasa normal, batuk beberapa kali setelah bangun pada pagi hari untuk membersihkan saluran napas dan faring dari lendir yang terkumpul selama mereka tidur. Batuk juga merupakan gejala yang paling umum dari penyakit pernapasan. Segala jenis batuk yang berlangsung lebih dari tiga minggu harus diselidiki untuk memastikan penyebabnya.
Rangsangan yang biasanya menimbulkan batuk adalah rangsangan mekanik, kimia dan peradangan. Inhalasi debu, asap dan benda - benda asing kecil merupakan penyebab paling sering dari batuk. Perokok seringkali menderita batuk kronik karena terus menerus mengisap benda asing ( asap ) dan saluran napasnya sering mengalami peradangan kronik. Rangsangan mekanik dari tumor, baik yang ekstrinsik maupun intrinsik terhadap saluran napas merupakan penyebab lain yang dapat menimbulkan batuk ( tumor yang paling sering menimbulkan batuk adalah karsinoma bronkogenik ).
Setiap proses peradangan saluran napas dengan atau tanpa lendir dapat mengakibatkan batuk. Bronkitis kronik, Tuberkulosis dan Pneumonia merupakan penyakit yang secara tipikal memiliki batuk sebagai gejala yang mencolok. Batuk dapat bersifat produktif, atau keras dan parau ( seperti ada tekanan pada trakea ).
Untuk batuk yang sering, konsumsi Propolis 5 x 10 tetes per hari, sampai gejala mereda. Jika > 3 minggu batuk tidak mereda maka konsultasi ke dokter atau lakukan pemeriksaan foto rontgen thorax untuk mengetahui penyakit, juga minum obat batuk ekspetoran.
10. Sputum / Dahak
Orang dewasa normal membentuk lendir sekitar 100 ml dalam saluran napas setiap hari.
Lendir ini diangkut menuju faring oleh gerakan pembersihan normal dari silia yang ada diperbatasan saluran pernapasan. Kalau terbentuk lendir yang berlebihan, maka proses normal pembersihan mungkin tak efektif lagi, sehingga akhirnya lendir tertimbun. Bila hal ini terjadi maka lapisan dinding pernapasan / membran mukosa terangsang, dan lendir ini di batukkan keluar sebagai sputum / dahak.
Pembentukan lendir yang berlebihan, mungkin disebabkan oleh gangguan fisik atau kimiawi, atau infeksi pada membran mokosa.
Kapan saja sputum di produksi maka perlu diperhatikan warna, volume, dan konsentrasinya ( kental I encer ). Sputum yang dihasilkan sewaktu membersihkan tenggorokan kemungkinan besar berasal dari sinus - sinus atau saluran hidung, dan bukan dari saluran napas bagian bawah.
Sputum yang banyak sekali dan purulen ( kental dan berwarna kekuningan-kehijauan ) menyatakan adanya proses keganasan seperti abses paru paru ( paru-paru penuh nanah ), sedangkan pembentukan sputum yang terus meningkat dengan perlahan - lahan dalam jangka waktu bertahun - tahun merupakan tanda adanya Bronkitis kronik atau bronkiektasis.
Warna sputum juga penting. Sputum yang berwarna kekuning - kuningan merupakan tanda adanya infeksi. Sputum yang berwarna hijau merupakan petunjuk adanya penimbunan nanah. Sputum yang berwarna hijau sering ditemukan pada bronkiektasis karena penimbunan nanah dalam bronkiolus ( bronkus kecil ) yang melebar dan terkena infeksi.
Banyak penderita infeksi pada saluran napas bagian bawah mengeluarkan sputum yang berwarna hijau pada pagi hari, tetapi makin siang menjadi kuning.
Sifat dan konsistensi sputum juga dapat memberikan informasi yang berguna. Sputum yang berwarna merah muda dan berbusa merupakan tanda dari edema paru-paru akut
Sedangkan sputum yang berbau busuk merupakan tanda abses paru – paru atau bronkiektasis. Pada batuk berdahak konsumsi Propolis 3 – 4 x 10 tetes per hari, banyak minum air hangat dan minum obat batuk ekpektoran sampai batuk reda dan dahak kembali normal
11. BATUK DARAH
Sputum dapat bercampur darah atau dapat juga seluruh cairan yang dikeluarkan dari paru -paru berupa darah. Setiap proses yang merusak pembuluh darah paru - paru dapat mengakibatkan perdarahan. Batuk darah merupakan suatu gejala yang serius dan dapat merupakan manifestasi pertama dari Tuberkulosis aktif.
Sebab - sebab lain yang sering dari batuk darah adalah :
Karsinoma bronkogenik, Infark dan abses paru - paru.
Sputum yang mengandung darah ( sehingga berwarna seperti karat ) merupakan ciri khas yang sering ditemukan pada Pneumonia ( infeksi paru-paru ). Pada batuk darah langsung konsul ke dokter, minum obat nya dengan rutin dan konsumsi Propolis 5 – 6 x 15 tetes per hari. Stop merokok dan makan makanan bergisi baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Bagi penderita berumur > 40 tahun konsumsi HGH Biyang sesuai aturan
12. BATU SALURAN KENCING
Terdiri dari batu Ginjal, batu Ureter, batu buli – buli dan batu Uretra.
BATU GINJAL
Gejala – gejala batu ginjal : Sakit dan pegal pada daerah pinggang belakang disertai kolik. Mual , muntah - muntah disertai perut kembung. Inleksi bisa demam, menggigil dan apatis.
( tingkat kesadaran menurun )
Tanda - tanda : biasanya tidak ditemukan kelainan ,
kadang - kadang dapat ditemukan adanya nyeri tekan, nyeri ketok pada daerah pinggang belakang.
BATU URETER
Rasa sakit yang mendadak disebabkan oleh batu yang lewat, rasa sakit berupa pegal di daerah pinggang bagian belakang, kolik menjalar ke perut bagian bawah sesuai dengan lokasi batu dalam ureter;
Pada pria sakit sampai ke testis ( buah zakar ), pada wanita sakit rasa sampai ke vulva.
Gejala saluran pencernaan seperti pada batu ginjal.
Tanda - tanda pada saat akut penderita tampak gelisah, kulit basah dan dingin kadang -kadang terdapat tanda - tanda shock ringan. Nyeri tekan dan nyeri ketok pada pinggang belakang, kram otot – otot perut, testis hipersensitif.
BATU Buli – buli
Gejala – gejala
Kencing lancar tapi tiba - tiba terhenti dan terasa sakit yang menjalar ke penis; bila pasien berubah posisi dapat kencing lagi. Pada anak - anak mereka akan berguling - guling dan menarik - narik penis. Kalau terjadi infeksi kadang - kadang ditemukan kencing darah.
Batu Uretra
Gejala - gejala : kencing lancar tiba - tiba berhenti disertai rasa sakit yang hebat, terjadi pembendungan urin total atau sebagian.
Tanda - tanda : rasa sakit dapat menunjukkan lokasi dimana batu tertahan di dalam uretra; Pemeriksaan Laboratorium : urin rutin dan darah.
Foto radiologis serta Ultra sonografi ( USG )
Pengobatan : dapat dilakukan dengan Operasi terbuka, operasi endoskopi dan Laser. Batu kalau didiamkan maka lama kelamaan makin besar dan rasa sakit makin hebat. Oleh sebab itu konsultasi ke dokter dan lakukan operasi. Konsumsi Propolis 3 x 10 tetes perhari, untuk menghilangkan rasa sakit dan mencegah infeksi sekunder.
13. BIDURAN / KALIGATA
PENYEBAB :
1. Trauma fisik yang disebabkan suhu dingin, tetapi bisa juga akibat suhu tinggi atau terik matahari.
2. Inhalasi berupa bulu binatang, serbuk sari bunga, wangi - wangian, debu dan spora jamur.
3. Obat - obatan seperti penisilin dll.
4. Makanan berprotein seperti telur, ikan, udang, kacang - kacangan dll.
5. Gigitan serangga, seperti nyamuk, kutu, dan serangga lainnya.
6. Infeksi bakteri, parasit dan cacing.
7. Gangguan emosi dan gangguan hormonal.
Gejala - gejala :
Gatal - gatal di permukaan kulit dan bercak - bercak merah di tangan , kaki , dada dan perut. Sembuh dalam 2 -3 hari. Terutama timbul pada malam hari saat di ruangan yang ber AC.
Bila gejala menetap disertai sesak napas.
Pencegahan : kenali faktor pemicunya dan hindari ! Saat timbul biduran konsumsi Propolis untuk diminum, 4 x 8 tetes per hari, biduran bisa diolesi dengan bedak dingin. Kemudian istirahat, kalau sangat gatal makanlah obat antihistamin 1 tablet.
14. BROKITIS
Bronkitis atau radang paru - paru adalah kondisi dimana lapisan bagian dalam dari saluran pernapasan di paru - paru yang kecil ( bronchiales ) mengalami bengkak. Selain bengkak juga terjadi peningkatan produksi lendir ( dahak ). Akibatnya penderita merasa perlu batuk berulang - ulang dalam upaya mengeluarkan lendir yang berlebihan, atau merasa sulit bernapas karena saluran udara menjadi sempit oleh adanya lendir.
Bronkitis dibedakan menjadi 2 jenis yaitu akut dan kronis.
Bronkitis akut muncul secara mendadak, umumnya berlangsur dalam waktu singkat dan kondisi paru - paru akan pulih seperti sediakala setelah diobati.
Bronkitis kronis berkembang secara perlahan, semakin lama akan semakin memburuk, memeriukan obat antibiotik untuk menyembuhkannya dan kondisi paru - paru mungkin tidak akan pulih seperti sediakala.
Pada keadaan normal kita juga mengeluarkan lendir tapi lendir yang di keluarkan adalah lendir encer, tidak berwarna, dan berjumlah sedikit.
Penyebab:
v Virus : yaitu virus penyebab flu, pilek, atau campak.
v Bakteri : yang biasa mengenai saluran pernapasan atas atau bawah.
v Polutan udara : debu, asap rokok, asap kendaraan, atau residu pembasmi serangga.
v Udara dingin atau lembab.
Penyebab tersebut diatas umumnya menyebabkan munculnya Bronkitis akut.
Sedangkan penyebab bronkitis kronik umumnya disebabkan oleh kebiasaan merokok dan pemaparan terus menerus terhadap polutan atau iritan. Polusi udara yang terus menerus juga merupakan resiko infeksi berulang kembali. Untuk Bronkitis dewasa konsumsi Propolis 5 x 10 tetes per hari banyak minum air hangat . Untuk anak : 3 x 5 tetes perhari.
15. DARAH TINGGI / HIPERTENSI
Hipertensi di defenisikan sebagai peningkatan tekanan darah di atas batas normal yang disepakati, yaitu Diastolik 90 mmHg atau Sistolik 140 mmHg.
Sekitar 90 % kasus hipertensi tidak diketahui penyebabnya dan hipertensi ini disebut hipertensi Esensial.
Hipertensi yang berlangsung lama dapat mengakibatkan perubahan - perubahan struktur pada arteri kecil di seluruh lubuh, ditandai oleh Fibrosis / sklerosis dinding pembuluh darah ( dinding jadi kaku dan mengeras ).
Organ - organ sasaran utama keadaan ini adalah jantung, otak dan ginjal. Yang paling sering menyebabkan kematian adalah : infark myocardium, gagal jantung atau gangguan peredaran darah otak.
Hipertensi esensial jinak hanya sekitar 1 % yang mungkin akan mengalami kerusakan ginjal berat hingga menyebabkan kematian akibat kadar ureum tinggi.
Hipertensi maligna bisa diartikan hipertensi berat dengan tekanan diastolik lebih tinggi dari 120 sampai 130 mmHg, disertai gangguan fungsi ginjal ( protein positif di urin, air seni berdarah ).
Faktor Risiko :
1. Merokok
Seseorang yang merokok lebih dari 1 pak rokok sehari menjadi dua lebih rentan dari pada mereka yang tidak merokok.
2. Penderila DM
3. Kurang Olah raga
Pengobatan : Obat anti hipertensi Untuk hipertensi menggunakan HGH Biyang 3 x 5 semprot perhari dibawah lidah, dan pemakaian Propolis 3 - 4 x 15 tetes per hari, sampai tensi mencapai normal yaitu 120 / 80 mmHg.
16. DEMAM BERDARAH DENGUE / DBD
Penyakit DBD adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus Dengue, ditularkan oleh nyamuk Aedes Aegypti melalui gigitannya.
Nyamuk ini tersebar luas di rumah - rumah , sekolah dan tempa - tempat umum lainnya seperti tempat ibadah, restoran, kantor, balai desa dan lain - lain sehingga setiap keluarga dan masyarakat mengandung risiko untuk ketularan penyakit DBD.
Menyerang segala umur, dan dapat mengakibatkan kematian dalam waktu singkat, bila tidak ditolong dengan cepat dan tepat.
Tanda & Gejala DBD :
v Panas tinggi lamanya 2 - 7 hari ( 38° C - 40° C )
v Nyeri perut ( ulu hati )
v Perdarahan berupa: Bintik -bintik merah di kulit, atau mimisan, atau gusi berdarah, dan yang lebih parah lagi dapat disertai muntah darah dan berak darah.
v Tanda - tanda syok : lemah , kulit dingin, basah, tidak sadar, dan gelisah.
Indikator : Hitung I jumlah trombosit dan Hb pada pemeriksaa darah.
Pengobatan : Obat untuk penyakit DBD belum ada dan vaksi untuk pencegahannya juga belum ada, sehingga satu-satunya cara untuk memberantas penyakit ini adalah dengan memberantas nyamuk Aedes Aegypti.
Dianjurkan pada penderita DBD untuk banyak minum air putih beri kompres air dingin I air es, berikan obat penurun panas dan segera bawa ke dokter / petugas tenaga kesehatan.
Monitor jumlah trombosit jangan sampai < 100.000, Hb normal ( kira -kira 12 mg/dl ) Kalau panas badan 2 - 7 hari waspadai DBD dan Thypus Abdominalis, konsumsi segera Propolis 4 - 5 x 10 tetes perhari sampai demam hilang dan tidak ada gejala - gejala mual , perih uluati, dan sakit kepala .
17. DIABETES MELITUS
Adalah gangguan pada metabolisme glukosa ( gula ) yang disebabkan karena kekurangan hormon insulin atau tidak ada reseptor untuk hormon tersebut, sehingga kadar gula darah terus -menerus tinggi / meningkat.
Gejala klinis : Kadar gula darah meningkat ( Normal gula darah plasma puasa =80-115 mg / 100 ml dan kadar gula darah sewaktu : 115 - 150 mg / dl ). Penderita banyak makan, banyak minum, dan banyak urin. Berat badan turun, lemah, mengantuk yang terjadi selama beberapa hari atau beberapa minggu. Mudah terserang infeksi berkali-kali, terutama di kulit, alat kelamin atau saluran kemih; karena sistim kekebalan tubuh mulai melemah. Jika mengalami luka akan sulit sembuh.
Penderita dapat menjadi sakit berat dan dapat timbul ketoasidosis, serta dapat meninggal kalau tidak mendapatkan pengobatan segera. Biasanya diperlukan terapi Insulin untuk mengontrol metabolisme dan umumnya penderita peka terhadap insulin.
Penanganan Diabetes Melitus :
v Diet
v Obat DM
v Pengaturan aktivitas fisik
Komplikasi : terbagi dua yaitu komplikasi metabolik akut dan komplikasi vaskular / pembuluh darah.
Diantaranya yaitu ketosis dapat sampai koma, merusak organ ginjal, mata, otak / saraf, otot dan kulit.
Diabetes juga mengganggu kehamilan, dapat mengakibatkan abortus spontan, kematian janin dalam rahim, ukuran janin besar dan bayi prematur.
Pengobatan : Obat diabetes untuk mengontrol stabilnya gula darah, pengaturan ketat makanan dan minuman, serta aktivitas fisik. Penyakit DM mempunyai komplikasi dari ujung rambut sampai ujung kaki dan berbahaya. Konsumsi HGH Biyang 3 x 5 semprot dibawah lidah dan Propolis 5 x 10 tetes per hari, sampai kadar gula darah normal.
18. DIARE
Diare dalam bahasa sehari-hari sering disebut mencret, yaitu berak encer / cair lebih dari 3 kali sehari. Diare sangat berbahaya karena penderita terus - menerus mengeluarkan cairan dari tubuh.
Jadi penderita terus kekurangan cairan dalam tubuh dan bila cairan ini habis dapat mengakibatkan kematian terutama pada anak balita.
Penyebab Diare :
v Peradangan usus karena Cholera, Desentri, bakteri lain, virus, dll.
v Kekurangan gizi, misalnya kelaparan atau kekurangan protein.
v Keracunan makanan dan minuman.
v Tidak tahan terhadap makanan tertentu misalnya susu yang mengandung lemak / laktosa.
Bagaimana Diare ditularkan :
Bisa ditularkan lewat lalat, caranya lalat hinggap di kotoran penderita hinggap pula di makanan, penyakit akan menular pada orang sehat. Selain itu dapat pula ditularkan lewat air.
Pertolongan pada diare :
v Mencegah terjadinya dehidrasi.
v Mengobati dehidrasi.
v Pemberian ASI ( pada bayi )
v Pemberian Zinc.
v Mengobati masalah lain.
Tanda dehidrasi pada anak :
MuIut dan lidah kering, tidak ada air mata saat menangis.
Pipi kempot dan mata cekung. Demam tinggi, kulit tidak kembali saat dipencet.
Mencegah terjadinya dehidrasi dengan pemberian cairan pengganti :
seperti kuah sayur, air tajin ( air nasi ), air kelapa, air teh atau ASI.
Pemberian Oralit ( diberi 1 bungkus oralit setiap mencret 1 kali demikian seterusnya ) Pada penderita balita atau bayi : diare harus cepat dibawa ke Puskesmas / RS untuk diatasi segera dengan pemberian cairan. Pada orang dewasa kalau penyebab diare karena makanan harus diatasi dulu dengan Norit 15 butir sekaligus, baru 3 jam kmd konsumsi propolis 3 - 4 x 10 tetes sampai diare berhenti.
19. DETOKSIFIKASI
Racun adalah segala sesuatu yang memiliki dampak buruk pada fungsi sel tubuh.
Racun ini ada yang diproduksi sendiri dan merupakan hasil olahan dari fungsi tubuh. Tapi banyak juga yang masuk lewat makanan minuman dan udara.
Kebanyakan racun yang menumpuk dalam tubuh kita berasal dari gaya hidup, terutama kebiasaan mengkonsumsi makanan olahan.
Makanan jenis ini mengandung zat-zat artifisial, pengawet, penstabil pewarna, perasa, pemutih, pemanis, lemak trans yang sangat berbahaya, peptisida, racun metal berat dll.
Juga bisa masuk lewat obat-obatan, nikotin dan rokok dan kafein kopi.
Sebenarnya tubuh sudah memiliki sistim sendiri untuk membersihkan diri dari racun. Jika sistim dalam tubuh bekerja secara optimal tentu saja racun yang ada di dalam tubuh kita akan di minimalkan yaitu melalui pembuangan lewat feses dan urin.
Jika ada tanda-tanda seperti dibawah ini maka perlu tindakar detoksifikasi yaitu :
Berkaitan dengan fungsi hati :
v Selulit
v Mual setelah mengkonsumsi makanan berlemak.
v Bertambah gemuk di perut atau kelebihan berat badan.
v Depresi, perubahan suasana hati.
v Alergi, asma
v Sakit kepala
v Tekanan darah tinggi
v Gangguan menstruasi / timbulnya menopause dini
v Gula darah rendah
v Sindrome kelelahan kronis
v Ketidak seimbangan hormon
v Ketidak suburan
v Nyeri di payudara
Berkaitan dengan pencernaan :
Lendir kekuningan di pagi hari dari mulut, sembelit, kembung, mencret.
Cara Detoksifikasi sederhana :
v Hindari makanan atau minuman mengandung zat pemanis, pewarna, pengawet.
v Pilih makanan segar jangan makanan olahan.
v Pilih makanan organik.
v Batasi daging.
v Gunakan pembersih rumah dari bahan alami.
v Simpan makanan di piring keramik.
v Banyak minum air putih.
v Hindari makanan gorengan.
v Kurangi kafein.
v Kurangi penggunaan televisi, telepon genggam.
Manfaat detoksifikasi :
v Berat badan turun, selulit berkurang.
v Kadar kolesterol dan tekanan darah normal.
v Kulit lebih cantik.
v Meningkatkan vitalitas.
v Pencernaan sehat.
v Kesuburan meningkat.
v Sembuh dari masalah kronis.
v Sistim kekebalan tubuh meningkat.
v Membersihkan pikiran : Membebaskan diri dan emosi negatif seperti kemarahan, kesedihan, ketakutan, rasa bersalah, rasa sedih. Menghentikan kebiasaan buruk dan mengubah kesimpulan yang mengganggu kesuksesan hidup. Mengurangi stress dan menambah rasa tenang. Menyelesaikan konftik. Meningkatkan kejernihan mental dan kreativitas.
Detoksin dengan banyak makan sayur dan buah – buahan berserat, konsumsi Propolis 3 x 10 tetes per hari dan HGH Biyang 2 x 4 semprot di bawah lidah. Sempatkan olah raga teratur 3 x seminggu selama minimal 30 menit, minum air putih dan istirahat cukup.
20. DIET
KEBIASAAN MAKAN YANG SALAH :
1. Melewatkan sarapan
Banyak orang tidak menyadari manfaat sarapan, bahkan sebagian besar menganggapnya tidak penting. Padahal sarapan justru diperlukan oleh tubuh. Sarapan, sebagai bahan bakar aktivitas kita dari pagi sampai siang, menghasilkan energi yang digunakan untuk meningkatkan daya pikir, daya konsentrasi / daya ingat dan kemampuan aktivitas fisik. Kadar haemoglobin juga lebih baik / tidak anemia.
2. Program diet
Mencoba berbagai program diet untuk menurunkan berat badan atau untuk melangsingkan, atau tujuan lain, bisa membuat anda stres. Menurut seorang pakar diet : " tidak ada yang ajaib, semua butuh waktu dan cara yang terbaik adalah belajar menikmati makanan secara seimbang."
3. Garam pada makanan
Kebiasaan menambah garam pada makanan sangat bahaya karena dapat menyebabkan tekanan darah tinggi. Menambah risiko 3 kali lipat untuk menjadi penyakit jantung dan stroke.
4. Makan sambil berjalan atau terburu –buru
Saat makan harus berada dalam kondisi santai; Agar proses mencerna berjalan dengan baik dan enzim pencernaan bekerja dalam kondisi menyenangkan maka sebaiknya sisihkan waktu setidaknya 10 menit .
5. Menyeruput minuman sangat panas
Kopi ,teh, maupun sup enak diminum saat masih hangat. Bahkan ada yang menyeruputnya saat masih panas. Hati - hati hal ini bisa menyebabkan kanker di dalam mulut dan esolagus.
6. Tanggal kadaluwarsa makanan
Waspada pada masa produksi suatu makanan atau minuman yang akan dibeli dan di makan. Hal ini menyangkut aman tidaknya makanan atau minuman itu di konsumsi.
7. Minum air putih
Seseorang yang sibuk bekerja dan ada diruangan AC, sering kali lupa minum karena merasa tidak haus. Jadi sediakan gelas atau botol yang berisi air putih agar selalu diingatkan untuk minum. Orang sehat membutuhkan air sekitar 2 liter - 2,5 liter per hari.
8. Mencuci buah dan sayur
Biasakan mencuci buah dan sayur sebelum di masukan kedalam kulkas atau bahkan sebelum dimakan karena buah dan sayur mentah pasti banyak mengandung bakteri dan dapat menyebabkan penyakit.
9. Lupa mencuci tangan
Sebaiknya mencuci tangan pakai sabun sebelum makan dan sesudah keluar dari kamar mandi. Cucilah tangan dengan cara yang benar yaitu sela – sela jari kuku juga disabuni selama kurang lebih 10 detik.
21. EPILEPSI
Merupakan Suatu gangguan jaringan saraf yang sering terjadi jenisnya banyak dan ditandai oleh aktivitas serangan yang berulang. Gejala utama adalah serangan kejang. Kejangnya tidak lama, tidak terkontrol serta timbul secara episodik / berkala.
Serangan ini mengganggu kelangsungan kegiatan yang sedang dikerjakan pada saat itu.
Epilepsi dapat menyerang segala kelompok usia, juga segala jenis bangsa dan keturunan di seluruh dunia. Tapi kejadian paling sering pada masa kanak - kanak.
75% Epilepsi terjadi sebelum usia 20 tahun.
Penyebab : bisa karena ada trauma di otak atau tidak ada trauma sama sekali.
Yang ada trauma di otak dapat disebabkan karena cedera kepala ( termasuk selama atau sebelum kelahiran ), gangguan metabolisme dan nutrisi, kekurangan vitamin B6, faktor - faktor toksik ( putus alkohol, uremia ), ensefalitis, enek, gangguan pembuluh darah dan, tumor. Serangan kejang terjadi biasanya di dahului oleh gangguan pada otak dan sebagian ditentukan oleh derajat atau lokasi dari trauma tersebut.
Pengobatan : obat penenang tergantung dari jenis kejangnya.
Melibatkan bantuan keluarga untuk mendampingi penderita serta aktivitasnya. Untuk epilepsi yang dominan di gunakan adalah HGH Biyang 3 x 5 semprot di bawah lidah, konsumsi Propolis 3 - 4 x 8 tetes per hari. Yang penting adalah mencegah terjadinya kejang atau memperpanjang waktu timbulnya kembali kejang. Penderita harus selalu diawasi didampingi.
22. FILARIASIS / KAKI GAJAH
Filariasis ialah penyakit menular yang disebabkan oleh cacing filaria dan ditularkan oleh berbagai jenis nyamuk. Cacing filaria hidup dikelenjar dan saluran getah bening sehingga menyebabkan kerusakan pada sistim kelenjar getah bening.
Dapat menimbulkan gejala akut berupa peradangan pada kelenjar saluran getah bening terutama di daerah pangkal paha dan ketiak, tetapi dapat pula di daerah lain.
Peradangan ini disertai demam yang timbul berulang kali dan dapat berlanjut menjadi bisul yang dapat pecah dan meninggalkan bekas luka.
Gejala - gejala klinis :
1. Ada pembengkakan kelenjar ( lymphadenitis).
2. Peradangan saluran getah bening yang bisa teraba seperti tali setebal kira -kira separuh jari kelingking.
3. Pembesaran tungkai atau lengan, buah pelir atau buah dada.
4. Luka atau jaringan parut pada getah bening.
Kalau ada kasus seperti ini dilaporkan ke Puskesmas terdekat untuk segera ditangani. Untuk Filariasis bias konsumsi HGH dan Propolis sekaligus yaitu 3 x 15 tetes perhari untuk Propolis dan 2 x 5 semprot dibawah lidah untuk HGH. Penyakit ini adalah penyakit kronis, jadi jangan dibiarkan terlalu lama karena aka nada kecacatan pada daerah tungkai atau lengan yang terkena.
23. FLU BURUNG / Avian influenza
Adalah penyakit menular akut yang disebabkan oleh virus influenza tipe A sub tipe H5N1 yang umumnya menyerang unggas, dan dapat menular dari unggas ke manusia.
Menyebabkan KLB pada manusia dengan angka kematian yang tinggi serta potensi menjadi pandemi.
Di Indonesia kejadian luar biasa Flu burung pada unggas terjadi pada tahun 2003 - 2004 dengan ditandai banyaknya ayam yang mati.
Gejala Flu Burung pada manusia :
1. Demam
2. Sakit tenggorokan
3. Batuk beringus
4. Nyeri otot
5. Sakit kepala
6. Lemas
Cara Penularan :
v Kontak langsung dengan unggas sakit, mati, atau cairan / sekreta unggas yang terserang Flu burung.
v Kontak langsung melalui sesuatu benda yang tercemar virus AI (sangkar, kandang ).
v Udara yang tercemar virus AI, baik yang berasal dan tinja maupun sekreta unggas yang sakit.
v Sampai saat ini belum terbukti adanya penularan virus dari manusia ke manusia. Untuk meningkatkan daya tahan tubuh maka digunakan Propolis 3 x 15 tetes perhari, yang harus dicegah adalah komplikasinya berupa Pneumonia yaitu penyakit paru yang cepat meluas.
24. FLU Tipe A / FLU Babi
Adalah penyakit saluran pernapasan pada hewan babi yang disebabkan oleh virus influensa tipe A, dan dapat menular pada manusia.
Gejala pada manusia :
Gejala flu A ( H1N1 ) pada manusia secara umum sama dengan flu manusia mulai dan tanpa gejala sampai Pneumonia dan meninggal.
Banyak kasus tak terdeteksi dengan pencarian kasus.
Beberapa kasus tak ada riwayat kontak dengan babi atau lingkungan yang ada babinya.
Tanda dan gejala :
1. Demam
2. Batuk
3. Sakit Tenggorokan
4. Rasa dingin
5. Lemas
6. Beberapa kasus dilaporkan dengan diare dan muntah
7. Keadaan berat disertai Pneumonia dan gagal napas bahkan kematian.
Pencegahan :
Tutup hidung dan mulut dengan masker.
Hindari kontak erat dengan orang sakit.
Cuci tangan pakai sabun, sehabis batuk / bersin / atau memegang barang - barang yang ada di tempat umum. Sehabis bersalaman dan ketika mau makan.
Untuk meningkatkan daya tahan tubuh gunakan Propolis 4 x 15 tetes perhari, sampai demam dan gejala - gejala flu lainnya hilang. Tingkatkan kebersihan diri dan lingkungan.
25. GIGI DAN MULUT
Gizi sangat berperan penting bagi kesehatan gigi dan mulut.
v Vitamin A berfungsi pada gigi dan tulang menjadi sehat dan normal; Kalau kekurangan vitamin A akan menyebabkan gigi mudah sensitif, produksi saliva berkurang sehingga gigi mudah karies.
v Kekurangan vit B kompleks dapat menyebabkan peradangan gusi ( gingivitis ), glositis, Angular cheilitis.
v Kekurangan vit C dapat menyebabkan sariawan, bengkak pada gusi, jaringan penyangga gigi jadi longgar sehingga gigi bisa lepas.
v Bila kekurangan vit D pada gigi dan mulut, dapat menyebabkan enamel hipoplasia.
v Kekurangan vit E dapat memperlambat proses kerusakan sel.
v Sedang peran vit K yaitu mencegah teradinya penyakit periodontal.
ø Kalium dan fosfor berguna untuk memelihara struk tulang dan gigi.
ø Magnesium juga berfungsi untuk pertumbuhan gigi geligi.
ø Fluor merupakan zat gizi yang secara nyata menurunkan kerentanan gigi terhadap karies. Fluor mempengaruhi kekerasan gigi, terutama email gigi sehingga daya tahan gigi terhadap karies akan meningkat.
Diet yang baik adalah diet yang mengandung semua unsur yang diperlukan untuk pertumbuhan gigi - geligi, yaitu yang mengandung Karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral dalam jumlah yang cukup dan tepat, karena bila kurang dapat mempengaruhi pertumbuhan dan kesehatan gigl dan mulut.
Untuk segala keadaan di dalam rongga mulut, dapat di konsumsi Propolis, 4 x 7 tetes pada dewasa, sedang pada anak – anak 3 x 5 tetes perhari atau lebih sering sesuai kondisi dan luasnya radang yang terjadi di rongga mulut.
26. GINJAL
GAGAL GINJAL AKUT
GGA adalah gejala klinis akibat kerusakan pada ginjal yang ditandai dengan penurunan faal / fungsi ginjal secara tiba - tiba yang sebelumnya sehat.
Sebab - sebab GGA :
GGA cukup sering terjadi dan dapat disebabkan oleh berbagai penyakit, obat - obatan, komplikasi kehamilan, tindakan pembedahan, dan trauma.
Sebab -sebab gagal ginjal : Perdarahan, luka bakar, kehilangan cairan melalui saluran cerna. Terkumpulnya cairan di dalam pembuluh darah seperti pada keadaan syok. Penurunan pompa jantung seperti gagal jantung, emboli paru. Terbendungnya pembuluh darah ginjal seperti emboli, trombosis. Sumbatan pada muara kandung kemih seperti pada pembesaran prostat / kanker. Sumbatan ureter kanan kiri oleh batu, bekuan darah, tumor dll. Iskemik misalnya pada keadaan syok sesudah pembedahan. Terpapar pelarut organik seperti karbon tetraklorida. Terpapar logam berat seperti merkuri, arsen, timbal, uranium. Antibiotik seperti metisilin, aminoglikosida, tetrasiklin, sefalosporin. Media zat kontras radiologi khususnya pada pasien Diabetes. Hipertensi tinggi
Gejala - gejala penyakit :
Urin sedikit ( pengeluaran urin < 400 ml / hari) dalam waktu 24 - 48 jam sesudah trauma.
Ada kelainan pada pemeriksaan laboratorium : ureum, kreatinin.
Mineral Na+, K+, PH urin , protein urin dll.
Pengobatan : terhadap penyebabnya seperti hipertensi, anemia, asidosis ( urin asam ).
Pada gagal ginjal, selain pantang makanan dan minuman yang memperberat tugas ginjal, juga harus makan obat untuk mengatasi sebab – sebab penyakitnya. Gunakan Propolis 4 x 10 tetes perhari untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Sampai produksi urin mencapai normal lagi.
27. GONDOK / Goiter Nontoksik
Adalah pembesaran kelenjar Thiroid akibat kekurangan yodium pada makanan dalam jangka waktu yang lama, mengakibatkan pembesaran kelenjar hingga 15 kali. Akibat gangguan ini kapasitas kelenjar tiroid untuk mensekresi tiroksin terganggu. mengakibatkan peningkatan kadar TSH.
Biasanya tidak ada gejala - gejala lain kecuali gangguan kosmetik. Kadang - kadang timbul komplikasi.
Kelenjar tiroid membesar secara merata, menyerang lebih banyak wanita daripada pria, usia antara 20 - 60 tahun.
Gejala - gejala :
Tampak penonjolan pada sepertiga bawah leher, goiter yang besar menimbulkan masalah penekanan, disertai pergeseran letak trachea dan esophagus, dan gejala - gejala sumbatan.
Pencegahan : pemberian dicampur pada garam dapur.
Pengobatan : secara hormonal, kalau goiter besar perlu tindakan operasi.
Untuk gondok perlu pemakaian Propolis 3 x 15 tetes perhari, gunakan propolis agar lebih lama karena harus membenahi sistim metabolism dulu sampai normal baru kemudian ke jaringan kelenjar gondoknya.
28. SINDROM GUILLAIN BARRE
Disebabkan oleh virus tapi bisa juga karena reaksi autoimun,
Menyebabkan kerusakan saraf tepi, gangguan motorik artinya otot - otot anggota badan baik kaki dan tangan tidak bisa digerakkan, juga gangguan sensori (seperti timbul rasa kebas ).
Dalam keadaan yang lebih parah, saraf - saraf pada otot pernapasan bisa terganggu. Lebih lanjut serangan ini bisa mengganggu pernapasan.
Gejala - gejala : secara tiba - tiba kaki dan tangan terasa kebas, kemudian mati rasa disertai sulit digerakkan.
Pengobatan : dapat sembuh dengan infus plasma pemberian imunoglobulin.
Untuk SGB, Pemberian Propolis 3 x 10 tetes perhari dan pada orang dewasa bias diberi HGH 2 x 4 semprot.
29. HEPATITIS
Hepatitis atau radang hati adalah penyakit yang terjadi karena infeksi virus sehingga hati membengkak dan keras. Penyebab Hepatitis yang lain : mengkonsumsi narkorba, konsumsi alkohol dalam jumlah besar dalam waktu lama, atau mengkonsumsi obat tuberculosis. Berdasarkan virus penyebabnya Hepatitis dibedakan menjadi Hepatitis A, B, C. Ketiga jenis Hepatitis tersebut mempunyai beberapa gejala yang mirip, namun cara penularan dan komplikasinya berbeda.
Hepatitis A :
Jenis ini lebih sering menyerang anak – anak usia SD.
Cara penularan : melalui makanan, minuman, buah – buahan atau sayur – sayuran yang dicuci dengan air yag tercemar virus hepatitis A yang ada pada tinja penderita. Kerang merupakan salah satu contoh makanan yang sering di budidayakan dengan air yang tercemar tinja. Bahaya terbesar penderita hepatitis A : kulit dan sklera mata berwarna kuning dan terasa gatal di seluruh tubuh. Hal ini bias berlangsung 3 – 6 bulan.
Hepatitis B :
Jenis ini lebih ”popular” dan lebih serius dibandingkan jenis A.
Cara penularan : melalui kontak dengan darah penderita, missal menggunakan jarum suntik / alat cukur / sikat gigi bersama, hubungan seks, melahirkan.
Bahaya terbesar penderita hepatitis B : terjadi komplikasi Sirrhosis ( sebagian sel – sel hati mengalami kematian dan digantikan oleh jaringan yang keras ) atau kanker hati.
Hepatitis C :
Merupakan jenis yang tidak menunjukkan gejala ( tersembunyi ) dan berbahaya. Karena tanpa gejala maka sebagian besar penderita akan mengalami perkembangan penyakit menjadi kronis. Lebih buruk lagi sampai saat ini belum tersedia vaksin untuk hepatitis C. Data juga menunjukkan bahwa sebagian besar dari penerima donor hati adalah penderita hepatitis C .
Cara penularan : seperti hepatitis B.
TANDA dan GEJALA :
a) Pembesaran limpa dan hati
b) Cepat lelah
c) Tubuh terasa lemah
d) Hilang nafsu makan
e) Mual / muntah / rasa tidak enak di perut
f) Sakit pada sendi dan otot
g) Demam
h) Urine berwarna gelap, tinja berwarna pucat.
PENCEGAHAN HEPATITIS A
Jaga agar makanan yang dimakan disiapkan dengan air yang bebas pencemaran tinja.
Minum air putih dari sumber yang terjaga kebersihannya.
Jika ada anggota keluarga yang menderita hepatitis A, pastikan kebersihan toilet terjaga. Penderita hepatitis A tidak boleh menyajikan makanan untuk diri sendiri dan orang lain. Pencegahan untuk balita, remaja dan dewasa dengan vaksin hepatitis A.
PENCEGAHAN HEPATITIS B
Hindari penggunaan bersama jarum suntik / alat cukur / sikat gigi.
Penggunaan jarum yang baru untuk tindakan tato, tusuk jarum, atau tindik telinga.
Lakukan vaksinasi hepatitis B untuk perlindungan selama 8 tahun.
PENCEGAHAN HEPATITIS C : sama seperti hepatitis B
PENGOBATAN
Istirahat penuh tidak melakukan aktivitas rutin minimal 3 minggu, diet / makanan bergizi tinggi, dan obat. Penggunaan Propolis untuk hepatitis A, B dan C 4 x 15 tetes perhari disertai istirahat total. Sampal gejala - gejala berkurang seperti enek – mual, perut kanan atas sudah tak sakit, lemah Iesu sudah pulih.
30. HIV / AIDS
Peningkatan dari Human Immunodeficiency virus. Virus ini yang menyebabkan AIDS.
Virus HIV terdapat dalam cairan tubuh, jumlah terbesarnya ada di cairan darah, sperma dan cairan vagina.
AIDS singkatan dari Acquired Immuno Deficiency Syndrome, yang artinya adalah kumpulan gejala penyakit yang disebabkan oleh HIV.
Virus ini merusak sistim kekebalan tubuh manusia dan mengakibatkan turunnya atau hilangnya daya tahan tubuh sehingga mudah terjangkit penyakit infeksi.
GEJALA - GEJALA :
Fase pertama
Pada fase ini orang yang terinfeksi HIV belum sakit, belum ketahuan meskipun sudah melakukan pemeriksaan darah, tapi dia sudah dapat menulari penyakitnya ke orang lain.
Fase ini dikenal dengan Window Period ( periode jendela ).
Fase kedua
berlangsung sekitar 2 -10 tahun setelah terinfeksi HIV. Sekarang orang ini sudah positif HIV namun belum menunjukkan gejala-gejala sakit.
Fase ketiga
Mulai muncul gejala - gejala penyakit yang terkait dengan HIV :
1. Keringat berlebihan waktu malam
2. Diare terus menerus
3. Pembengkakkan kelenjar getah bening
4. Flu tidak sembuh – sembuh
5. Nafsu makan berkurang
6. Berat badan terus menurun.
Fase keempat
Disebut dengan fase AIDS. Kekebalan tubuh berkurang seiring dengan timbulnya penyakit tertentu yang disebut infeksi Oportunitistik, seperti kanker kulit, infeksi paru - paru ( TBC ), infeksi usus yang menyebabkan diare, infeksi otak yang menyebabkan kekacauan mental, sakit kepala dan sariawan.
PENULARAN HIV – AIDS :
v Melalui hubungan seksual yang tak aman dengan orang yang terinfeksi HIV.
v Memakai jarum suntik atau alat tusuk lain seperti tindik, tato atau suntikan narkoba bekas dipakai penderita HIV.
v Melalui transfusi darah yang tercemar HIV.
v Melalui ibu hamil yang mengidap HIV I AIDS ke janin bayi yang dikandungnya.
AIDS tidak menular melalui :
v Berpelukan atau bersentuhan
v Makan dan minum bersama
v Gigitan nyamuk
v Barang yang digunakan bareng penderita HIV I AIDS Penderita HIV / AIDS dapat menggunakan Propolis dan HGH Biyang setelah ketahuan positif mengandung virus HIV. Propolis 4 x 15 tetes perhari dan Biyang 2 x 5 semprot. Tujuannya untuk meningkatkan daya tahan tubuh.
31. INFLUENZA
Influenza adalah penyakit infeksi yang mudah menular dan disebabkan oleh virus influenza, yang menyerang saluran pernapasan. Penularan virus terjadi melalui udara pada saat berbicara, batuk dan bersin. Influenza sangat menular selama 1 – 2 hari sebelum gejalanya muncul.
Itulah sebabnya penyebaran virus ini sulit dihentikan.
Influenza bukan "Flue" yang dipahami oleh masyarakat awam ( batuk pilek biasa yang tidak berbahaya ).
Gejala utama Influenza adalah :
1. Demam dengan suhu ≥38 ºC
2. Demam > 3 hari
3. Sakit kepala
4. Sakit otot di seluruh badan.
5. Pilek, sakit tenggorok, batuk
6. Badan lemah
7. Menggigil
Berbeda dengan batuk - batuk biasa, influenza dapat mengakibatkan komplikasi yang berat. Virus influenza menyebabkan kerusakan sel - sel selaput lendir saluran pernapasan sehingga penderita sangat mudah terserang kuman lain, seperti Pneumococus, yang menyebabkan radang paru – paru (Pneumonia) yang berbahaya.
Dapat dicegah dengan vaksinasi Influenza.
Kasus influenza yang banyak menimbulkan komplikasi dan kematian pada orang - orang berisiko tinggi :
1. Usia lanjut > 60 tahun
2. Penderita asma
3. Penderita penyakit kronis ( paru, jantung, ginjal, diabetes)
4. Penderita gangguan sistim kekebalan tubuh.
Pada penderita influenza dapat konsumsi Propolis 5 x 10 tetes per hari dan bagi penderita usia > 40 tahun bias disertai / gunakan HGH Biyang 2 x 4 semprot.
32. INFEKSI TELINGA TENGAH
Adalah infeksi bakteri yang terjadi pada bagian telinga di sebelah dalam gendang telinga. Infeksi ini lebih sering menyerang anak - anak usia pra-sekolah ( usia kurang dari 6 tahun ), karena telinga bagian dalam mereka belum terbentuk sempurna.
Yang terjadi adalah telinga bagian tengah terisi oleh cairan, yang seharusnya tidak boleh terjadi. Jika tidak ditangani dengan benar cairan ini dapat berubah menjadi nanah, sehingga menimbulkan keluhan rasa sakit di telinga.
Pada keadaan normal sisi luar maupun sisi dalam dari gendang telinga hanya boleh terisi udara, sehingga gendang telinga dapat bergetar leluasa dan kita dapat mendengar bunyi - bunyian dengan baik.
Kuman penyebab infeksi umumnya berasal dari saluran pernapasan bagian atas atau tenggorokan, karena kedua bagian ini terhubung dengan telinga melalui saluran yang disebut tuba Eustachius.
Dengan sendirinya kuman dapat berpindah - pindah di ketiga bagian tersebut secara leluasa terutama ketika kita berbaring.
Selain itu sedikit dorongan di hidung misal : ketika menyedot atau membuang ingus, juga memudahkan berpindahnya kuman.
Selain faktor usia, anak - anak yang sering terpapar asap rokok, debu atau serbuk sari, serta mereka yang sedang menderita infeksi saluran pernapasan ( misal pilek, bronkhitis) juga berisiko menderita infeksi telinga tengah.
Tanda dan gejala :
 Bayi menangis terus menerus, terjaga di malam hari, kadang – kadang sambil menjerit – jerit, sering disertai dengan menggosok – gosok atau menarik – narik telinga. Bayi umumnya akan berhenti nangis jika anda menggendongnya dan menangis kembali jika anda merbahkannya. Hal ini terjadi karena bayi akan merasa lebih baik ketika posisi kepala lebih tinggi dari telinga.
 Anak balita : menggosok – gosok atau menarik – narik telinga.
 Kadang – kadang disertai demam.
 Ada rasa penuh di telinga.
 Ketika berbicara terasa ada gema di telinga atau ada rasa berisik.
 Ketika menguap atau menelan makanan seperti ada suara letupan di telinga.
 Telinga terasa sakit.
Jika dibiarkan berlanjut infeksi telinga tengah dapat mengurangi pendengaran anak-anak. Pengobatan : meskipun dapat diobati dengan obat yang diteteskan di telinga, namun pengobatan terbaik untuk infeksi telinga tengah adalah dengan obat - obatan yang diminum. Karena penyebab infeksi adalah bakteri, maka diperlukan pengobatan dengan antibiotika.
Bayi atau balita yang sakit telinga tengah mengkonsumsi Propolis 3 x (2-5) tetes per hari diminumkan sampai anak tenang dan tidak panas lagi. Selanjutnya jangan member minum dengan susu botol pada bayi atau balita yang sedang tidur.
33. IMUNISASI
Ada 7 jenis penyakit yang dapat dicegah melalui program imunisasi yang ada / tersedia di Pusat Kesehatan Masyarakat (PUSKESMAS), yang sifatnya gratis artinya pelayanan tersebut diberikan untuk seluruh bayi dan balita yang mau menggunakan akses pelayanan tersebut. Adapun tempatnya dapat di Puskesmas atau di Posyandu atau di bidan / klinik yang bekerja sama dengan Puskesmas setempat.
Jenis imunisasi yang tersedia ialah
Hepatitis ( 3x )
BCG (1x)
DPT ( dipteri - pertusis - tetanus) (3x )
Polio ( 4x )
Campak ( 1x)
Gejala - gejala penyakit Tuberkulosis :
 Badan lemah
 Berat badan menurun
 Demam
 Berkeringat pada malam hari
 Batuk terus menerus
 Nyeri dada
 Kadang - kadang batuk darah
Gejala -gejala penyakit Polio:
 Lumpuh layu akut pada anak berumur < 15 tahun
 Demam dan nyeri otot
 Kematian bisa terjadi karena kelumpuhan otot pernapasan.
Gejala - gejala penyakit Dipteri :
 Radang tenggorokan
 Nafsu makan hilang
 Demam ringan dalam 2 - 3 hari timbul selaput putih kebiru - biruan pada tenggorokan dan tonsil.
Gejala - gejala penyakit Pertusis :
 Pilek
 Mata merah
 Bersin
 Demam dan kadang - kadang menggigil
 Batuk yang ringan yang lama kelamaan menjadi batuk lama ( 100 hari )
Gejala - gejala penyakit Tetanus :
 Kaku otot pada rahang , disertai kaku pada leher
 Kesulitan menelan
 Kaku otot perut
 Berkeringat dan demam
Pada bayi terdapat juga gejala tiba - tiba berhenti menetek (sucking) antara 3 s/d 28 hari setelah lahir.
Gejala berikutnya adalah kejang yang hebat dan tubuh menjadi kaku.
Gejala - gejala penyakit Campak :
 Demam
 Bercak kemerahan
 Batuk, pilek
 Konjungtivitis / mata kemerahan
 Selanjutnya timbul ruam pada muka dan leher, kemudian menyebar ke tubuh dan tangan serta kaki.
Pada penyakit TBC anak yang positif : anak harus makan obat selama 6 bulan sebab penderita tersebut dapat menularkan penyakitnya kepada anak lain. OIeh sebab itu walaupun penderita TBC itu diberi Propolis 3 x 5 tetes perhari , tetapi pengobatan TBC tidak boleh disetop atau dikurangi dosisnya atau ditunda. Propolis berguna meningkatkan daya tahan tubuh dan mempercepat penyembuhan sehingga anak tsb tidak menularkan kuman TBC kepada anak sehat lainnya. Pemberian Propolis sampai berat badan anak naik / anak mau makan / anak sudah sembuh dari penyakitnya. Pada dewasa pemberian Propolis 4 x 10 tetes perhari selama 6 bln.
Untuk kasus penyakit hepatitis, pertusis , polio, dipteri , campak dan tetanus / pemakaian Propolis 3 - 4 x (2 - 5) tetes perhari.
34. IMPOTENSI
Impotensi, disfungsi ereksi, atau gangguan ereksi adalah kondisi dimana pria tidak mampu mencapai ereksi , atau tidak mampu mempertahankan ereksi sesuai kebutuhan.
Hal ini berkaitan dengan :
1. Ketidak mampuan memulai terjadinya ereksi : akibat kurangnya rangsangan psikis, hormon atau saraf.
2. Ketidak mampuan untuk mengisi pembuluh arteri di penis dengan volume darah yang cukup ( tidak terjadi ereksi ).
3. Ketidakmampuan mempertahankan darah yang sudah mengisi saluran di penis agar tetap di tempatnya sesuai kebutuhan.
Impotensi dapat berakibat terganggunya hubungan seksual dan ketidakmampuan memperoleh keturunan. Selain itu impotensi juga mempengaruhi rasa percaya diri dan kebanggaan seorang pria.
Ereksi sendiri merupakan proses yang melibatkan berbagai sistim tubuh : Psikologis : berkaitan dengan rangsangan secara visual ( melihat ), mental ( membayangkan, memikirkan ), atau fisik ( menyentuh, disentuh ). Sistim saraf : sinyal dari rangsangan diatas akan dikirim ke otak melalui sistim saraf. Pembuluh darah : otak yang sudah menerima pesan akan memerintahkan jantung untuk mengalirkan darah ke pembuluh arteri penis. Terisinya pembuluh arteri ini ak menyebabkan pembuluh vena terjepit, sehingga tidak ada darah yang meninggalkan penis.
Impotensi terjadi jika pembuluh vena tidak terjepit sempurna sehingga darah bisa segera meninggalkan arteri ( ereksi hanya berlangsung singkat ).
Penyebab : Penyempitan pembuluh darah tepi dan diabetes mellitus menduduki posisi teratas penyebab impotensi. Berikutnya adalah penyakit jantung koroner, hipertensi, dan merokok. Efek samping obat antihipertensi atau anti depresi. Pengangkatan kelenjar prostat Penyalah gunaan narkoba : mengganggu sistim saraf sehingga proses penghantaran pesan I rangsang dari dan ke otak menjadi terganggu.
Selain ketiga hal diatas, impotensi juga dapat di sebabkan oleh faktor psikologis, misal :
1. Kondisi stres : karena kelelahan bekerja setiap hari, anak - anak yang bandel, ambisi yang tinggi, kebutuhan untuk bersosialisasi, dan pasangan yang selalu menuntut. Semuanya merupakan faktor pencetus stres yang dapat menyebabkan hilangnya gairah seks, awal dari impotensi.
Stres menyebabkan pembuluh arteri di penis menyempit, sehingga tidak dapat menampung darah dalam jumlah cukup untuk menyebabkan terjadinya ereksi.
2. Depresi, jika kita depresi maka kita tidak mempunyai minat terhadap apapun, termasuk hasrat seks. Akibatnya rangsangan fisik, mental atau visual yang diterima tidak akan diteruskan ke otak.
Perlu usaha untuk meningkatkan stamina, dengan olah raga teratur, makanan tinggi protein dan konsumsi suplemen khusus. Baik konsumsi Propolis 3 x 10 tetes perhari dan HGH biyang 3 x 5 semprot dibawah lidah.
35. JANTUNG
Jantung sebagai pompa dari sistim peredaran darah, tergantung dari nutrisi dan oksigenisasi otot jantung, artinya kerja I kontraksi otot jantung tergantung dari lancar tidaknya makanan dan zat oksigen yang dihantarkan oleh arteri Coroner kepada otot jantung. Kerja jantung adalah memompa darah keseluruh tubuh dengan cara kontraksi otot jantung secara terus menerus selama hidup kita dengan frekwensi sebanyak 70 - 72 kali per menit. Kemudian darah mengalir ke arteri ( pembuluh nadi ) dan ke jaringan -organ seluru tubuh kemudian kembali lagi ke jantung.
Tanda dan Gejala penyakit jantung :
1. Nyeri dada I angin akibat kekurangan oksigen atau Iskemia.
2. Kesulitan dalam bernapas I dispnea akibat meningkatnya usaha bernapas yang ada hubungannya dengan kelainan pembuluh darah paru dan perubahan kemampuan paru – paru.
3. Palpitasi I berdebar - debar atau merasakan denyut jantung sendiri karena perubahan kecepatan denyutnya.
4. Ada bengkak di kaki akibat penimbunan cairan.
5. Sinkop atau kehilangan kesadaran sesaat akibat aliran darah ke otak yang kurang memadai.
6. Kelelahan dan kelemahan, akibat curah jantung yang rendah.
Pemeriksaan jantung :
1. Denyut nadi : kecepatan / keteraturan / tinggi rendah gelombang denyut / kualitas.
2. Tekanan darah.
3. Bunyi jantung : murni atau ada bunyi tambahan abnormal.
4. EKG ( elektrokardiogram ).
5. Ekokardiografi.
6. CT ( Computed Tomografi ) scan.
36. Penyakit Aterosklerotik Koroner
Terdapat suatu keseimbangan antara suplai oksigen ke otot jantung dan kebutuhan akan oksigen tersebut. Jika terjadi pengurangan suplai atau peningkatan kebutuhan maka dapat mengganggu keseimbangan ini dan membahayakan fungsi otot jantung ini.
Kebutuhan akan oksigen meningkat terjadi pada keadaan ini yaitu :
 Takikardi / denyut jantung yang cepat.
 Peningkatan daya kontraksi ( olah raga, kerja berat ).
 Hipertensi.
 Dilatasi ventrikel / bilik.
Bila kebutuhan oksigen oleh otot jantung meningkat maka suplai oksigen juga harus meningkat. Untuk meningkatkan suplai oksigen dalam jumlah yang memadai maka aliran pembuluh darah Koroner haruslah di tingkatkan. Pada keadaan normal pembuluh koroner dapat melebar dan meningkatkan aliran darah sekitar 5 - 6 kali diatas tingkat istirahat. Tetapi jika pembuluh darah mengalami stenosis / gangguan tidak dapat melebar, maka terjadi kekurangan oksigen. Inilah yang menyebabkan Iskemia otot jantung yaitu suatu keadaan kekurangan oksigen yang bersifat sementara dan reversibel. Iskemia yang lama akan menyebabkan kematian otot atau Nekrosis otot jantung yang disebut Infark Miokardium.
Aterosklerosis pembuluh koroner merupakan penyebab penyakit – penyakit arteri koroneria yang paling sering ditemukan.
Aterosklerosis menyebabkan penimbunan lipid dan jaringan fibrosa dalam arteria koroneria, sehingga secara progresif mempersempit lumen pembuluh darah.
Bila lumen menyempit maka resistensi / daya dorong terhadap aliran darah akan meningkat dan membahayakan aliran darah miokardium.
Bila penyakit ini semakin lanjut, maka penyempitan lumen akan diikuti oleh kekakuan dinding pembuluh untuk melebar.
Faktor - faktor Risiko :
1. Biologis : usia, jenis kelamin, ras, dan riwayat keluarga.
2. Peningkatan kadar lipid serum / trigliserida tinggi.
3. Hipertensi.
4. Merokok.
5. Penyakit Diabetes mellitus.
6. Diet tinggi lemak tak jenuh.
7. Kadar kolesterol dan kalori.
Komplikasi Iskemia dan Infark :
I. Gagal jantung kongestif.
Gejala klinis gagal jantung mencerminkan derajat kerusakan miokardium dan kemampuan serta besarnya respon kompensasi.
1. Tanda dan gejala : sukar bernapas, air seni sedikit, lemah, lelah, pucat, dan berat badan bertambah.
1 Pemeriksaan stetoskop : ronki basah / bunyi napas tambahan, bunyi jantung tambahan abnormal ( akibat pembengkakan jantung dan ketidak lenturan ventrikel ).
2 EKG : takikardi / denyut jantung sangat cepat.
3 Foto rontgen : pelebaran jantung, pembengkakan pembuluh darah vena.
Pada kelainan jantung dianjurkan konsumsi Propolis 5 x 15 tetes perhari dan HGH Biyang 2 x 5 semprot di bawah lidah. Aktivitas rutin tetap bias dilakukan termasuk juga olah raga ringan dan pantang makanan sesuai dengan faktor risiko yang dimilikinya.
37. KANKER KOLON
Kanker termasuk jenis penyakit yang kerap diderita masyarakat indonesia. Pola makan yang tidak sehat terutama karena kurang serat menjadi penyebab tersering.
Kanker kolon menduduki peringkat terbesar ketiga baik pada pria maupun pada perempuan. Pada pria setelah kanker prostat dan paru - paru, sedangkan pada perempuan setelah kanker payudara dan leher rahim / serviks.
Kasus terbanyak dijumpai pada usia 50 tahun keatas, tetapi banyak diderita orang muda. Kebanyakan kasus ini diawali oleh adanya polip di kolon. Kalau polip ini disertai keluhan lain seperti perut kram atau nyeri atau kembung, lalu terjadi perubahan buang air besar, misalnya berdarah, bisa mengarah pada kanker kolon.
Beberapa kasus kanker kolon tidak menunjukkan gejala, namun kondisi – kondisi berikut bias mengindikasikan kanker kolon :  Terdapat darah atau lender pada feses.  Nyeri di perut bagian bawah atau kram.  Perut kembung dan terasa penuh.  Penurunan berat badan tanpa sebab jelas.  Anemia tanpa sebab jelas.  Terasa lemah atau letih.  Mengalami diare, sembelit atau perubahan kebiasaan BAB.  BAB tidak tuntas.  Feses berubah jadi kecil – kecil seperti kotoran kambing.
Pencegahan :
1. Pemeriksaan fisik / dubur.
2. Laboratorium : pem penanda tumor.
3. Kolonoskopi.
4. Foto rontgen kolon dengan barium.
Kanker kolon harus secepatnya ditindak lanjuti dengan medis, sambil konsumsi Propolis 5 x 15 tetes perhari sampai tanda – tanda radang usus hilang. Kurangi konsumsi makan daging merah dan perbanyak makan serat sayur – sayuran dan buah.
38. KEPUTIHAN
Lendir di produksi oleh vagina yang dalam keadaan normal berwana bening, tidak berbau, tidak berwarna, dan jumlahnya tak berlebihan. Cairan ini berfungsi sebagai sistim perlindungan alami, mengurangi gesekan dinding vagina saat berjalan dan saat melakukan hubungan seksual.
Di vagina juga hidup kuman pelindung yang dalam keadaan nomal jumlahnya cukup dominan untuk menjaga keseimbangan ekosistim vagina.
Pada keadaan tertentu terjadi ketidak seimbangan hormonal seperti Stres, kelelahan, diabetes, hamil, menjelang dan sesudah haid, gangguan hormonal ini menyebabkan produksi cairan vagina ini berlebihan, inilah yang disebut keputihan.
Tapi keputihan akibat perubahan hormonal biasanya masih dalam taraf normal karena tidak ada perubahan warna, tidak berbau dan tidak gatal.
Keputihan akan berubah menjadi bau kalau ada kuman penyakit pathogen dan menyebabkan infeksi, akibatnya timbul gejala - gejala yang sangat mengganggu, seperti berubahnya warna lendir menjadi kekuning - kuningan, kental, berbau tidak sedap bahkan berbau busuk, terasa sangat gatal atau panas, dan menimbulkan luka di daerah mulut vagina.
Penyebab keputihan adalah : jamur, virus, parasit, dan kuman.
 Jamur Candida alau Monilia
Tanda tanda dikenal melalui keadaan lendirnya : warnanya putih susu, sangat berbau, sangat gatal, akibatnya di mulut vagina terjadi kemerahan dan meradang.
 Parasit Trichomonas Vaginalis
Ditularkan lewat hubungan seksual, perlengkapan alat mandi atau kloset bersama.
Lendir sangat kental, berbuih, berwarna kuning atau kehijauan dan berbau anyir.
Keputihan karena parasit tidak menyebabkan gatal, tapi liang vagina nyeri bila ditekan.
 Bakteri Gardnella
Infeksi ini menyebabkan rasa gatal dan mengganggu.
Warna lender keabuan, berair, berbuih, dan berbau amis.
 Virus Pada keputihan yang terpenting jaga kebersihan perorangan terutama di daerah khusus wanita. Gunakan Propolis rutin 4 x 10 tetes perhari untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan mengalahkan kuman – kuman atau virus yang menyebabkan infeksi itu.
39. Kista Ovarium
Kista berasal dari telur I folikel yang tidak sampai ovulasi, namun tumbuh terus menjadi kista folikel. Kista ini merupakan suatu kantong yang berisi cairan jernih dan sering kali mengandung hormon. Oleh sebab itu kista kadang - kadang dapat menyebabkan gangguan haid.
Kista dapat satu atau ada beberapa, kista yang berdiri sendiri bisa menjadi sebesar jeruk nipis. Kista folikel lambat laun mengecil dan dapat menghilang spontan.
Kista Ovarium.
Ovarium dapat membesar dan menjadi kistik, kista biasanya bilateral dan bisa menjadi sebesar tinju.
Kista Stein – Leventhal :
Pada wanita muda dengan gejalal - gejala infertilitas, tidak dapat haid, atau darah haid yang banyak.
Kadang - kadang agak gemuk.
Penyebabnya karena gangguan keseimbangan hormonal.
Tumor Kistik Ovarium.
Kista ini mempunyai permukaan rata dan halus, biasanya bertangkai seringkali di kanan dan kiri , dan dapat menjadi besar. Dinding kista tipis dan cairan didalam kista jernih, encer dan berwama kuning.
Penanganan : pengangkatan tumor
Pada kista / tumor jinak : dapat digunakan Propolis 5 x 15 tetes perhari sampai 3 bulan, setelah itu dilakukan lagi pemeriksaan USG / scanning, bagaimana keadaan kista itu apakah mengecil, apakah jumlahnya berkurang, apakah ada kemajuan pengobatan ? Perhatian juga reaksi tindak balas propolis yang muncul.
40. KRAM & NYERI OTOT
Penyebab :
Otot tiba – tiba kontraksi dan tidak bias rileks kembali.
Gejala – gejala :
1. Otot mengalami kejang tiba – tiba saat aktivitas berlangsung.
2. Nyeri dan kaku otot setelah aktivitas.
3. Kejang otot di malam hari terutama di betis.
4. Saat disentuh otot terasa sakit.
Pencegahan :
Banyak minum air sebelum, selama dan sesudah olah raga.
Lakukan pemanasan dan peregangan sebelum olah raga dan pendinginan sesudahnya.
Gunakan es bila nyeri makin parah, untuk redakan peradangan. Biasakan minum Propolis rutin maka dapat mencegah kram otot, dosis 3 x 8 tetes perhari ditambah cukup istirahat dan olah raga melatih otot – otot lentur.
41. KEGEMUKAN / OBESITAS
Akibat energi yang masuk tidak seimbang dengan yang keluar, atau energi yang masuk lebih banyak dibanding dengan yang keluar.
Penyebab:
1. DIET : konsumsi makanan kalori tinggi seperti makanan pada cepat saji akan meningkatkan berat tubuh. Makanan tinggi lemak memiliki kalori yang cukup padat. Demikian juga minuman ringan, permen, es krim.
2. Kurang aktivitas.
3. Berhenti merokok.
4. Kehamilan.
5. Pengobatan tertentu.
6. Masalah kesehatan seperti rendahnya produksi hormon thyroid, atau kelebihan produksi kelenjar adrenal. Pada obesitas, gunakan Propolis 3 x 8 tetes perhari sambil giatkan olah raga yang teratur dan kendalikan lapar mata. Makan sesuai waktu dan ketentuan. Bagi yang berusia > 30 tahun bias gunakan HGH 2 x 4 seprot.
42. KOLESTEROL
Kolesterol adalah komponen asam lemak yang terdapat dalam darah. Zat ini sangat diperlukan oleh tubuh untuk proses - proses tertentu bagi kelangsungan hidup. Diantaranya untuk membentuk hormon, membentuk sel - sel , dan merawat sel - sel saraf. Tetapi dalam jumlah berlebihan, kolesterol menjadi ancaman serius bagi tubuh bahkan bisa menyebabkan kematian.
Penyakit yang disebabkan kolesterol adalah
1. Aterosklerosis ( penyempitan pembuluh darah ).
2. Penyakit jantung koroner.
3. Stroke.
4. Hipertensi.
5. Hiperkolesterolemia.
Kolesterol yang berlebihan dalam pembuluh darah akan mengendap, hal ini memungkinkan terjadinya kalsifikasi atau pengapuran sehingga dinding pembuluh darah tidak elastis lagi, akibatnya timbul tekanan darah tinggi.
Keadaan ini dapat membahayakan, terutama bila sampai menyebabkan pecahnya pembuluh darah. Apalagi pembuluh darah yang pecah adalah pembuluh darah otak yang dapat menyebabkan kelumpuhan. Bila pengapuran terjadi di pembuluh darah jantung, organ vital ini akan kekurangan pasokan darah sehingga kekuatannya berkurang. Kalau aliran darah sampai tersendat, akan terjadi infark jantung yang membuat denyut jantung tidak teratur atau sama sekali tidak kuat, akibatnya bisa fatal.
Didalam makanan terdapat 3 macam lemak yakni :
A. Saturated ( lemak jenuh )
Lemak ini terdapat di makanan seperti kuning telur, jerohan, dan otak sapi.
Sebaiknya makanan seperti ini harus dihindari.
B. Monosaturated ( lemak tidak jenuh dengan rantai tunggal )
Lemak ini terdapat di makanan seperti udang dan kepiting, makanan ini termasuk boleh di konsumsi dengan jumlah terbatas.
C. PoliUnsaturated
Lemak ini terdapat di makanan seperti ikan yang berasal dari laut dalam ( tenggiri dan tuna ) yang mengandung minyak tak jenuh ganda serta Omega 3.
Makanan seperti ini hendaknya banyak dikonsumsi karena dapat membantu meningkatkan HDL ( kolesterol baik ) dan menurunkan LDL ( kolesterol jahat ).
Kadar kolesterol total dalam darah : 160 - 200 mg %.
Makanan yang merupakan sumber kolesterol, yang harus dihindari / dibatasi ( per 100 gr bahan ) adalah sbb :
Otak
2000 mg
Kuning telur
1500 mg
Telur
550 mg
Hati
300 mg
Udang
250 mg
Ginjal
375 mg
Kolesterol baik / HDL : fungsinya mengeluarkan kolesterol bebas yang terdapat di dalam pembuluh darah agar tidak terjadi penumpukan kolesterol di dalam tubuh.
Kolesterol jahat / LDL : fungsinya mengangkut kolesterol yang diproduksi organ hati dan sumber kolesterol tubuh lainnya menuju seluruh jaringan tubuh.
Trigliserida
Adalah bentuk utama lemak di dalam makanan, kadar normalnya adalah 150 mg / dl.
Pemicu hipertrigliserida adalah : Kegemukan Penyakit diabetes yang tidak terkontrol Hipothyroid Pola makan tinggi kalori Kebiasaan minum alkohol Konsumsi obat - obatan tertentu : steroid, diuretik, estrogen, pil KB dll
43. HIPERLIPIDEMIA
Defenisi : Hiperlipidemia adalah tingginya kadar lemak
( kolesterol , trigliserida maupun keduanya ) dalam darah.
Lemak adalah zat yang kaya energi, yang berfungsi sebagai sumber energi utama untuk proses metabolisme tubuh.
Lemak diperoleh dari makanan atau dibentuk didalam tubuh, terutama di hati dan bisa disimpan di dalam sel - sel lemak untuk gunakan di kemudian hari.
SeI - sel lemak juga melindungi tubuh dari dingin & membantu melindungi tubuh terhadap cedera. Lemak merupakan komponen penting dari selaput sel, selubung saraf yang membungkus sel - sel saraf serta empedu. Untuk hasil metabolism yang tinggi seperti kolesterol tinggi, trigliserida tinggi dan asam lemak, bias dipergunakan Propolis 4 x 10 tetes perhari, disertai diet rendah lemak. Pantang makan goreng – gorengan, santan, daging berlemak dan jerohan.
44. HIPERTHYROID
Gejala gejala hiperthyroid adalah :
1. Kelelahan
2. Jantung berdetak kencang atau tidak teratur
3. Merasa suhu badan panas, banyak keringat
4. Gelisah, susah tidur,
5. Sesak napas,
6. Gangguan menstruasi
7. Tangan gemetar
8. Barat badan menurun
9. Otot terasa lemah
10. Rambut rontok
11. Depresi.
Pada hyperthyroid, pergunakan HGH 2 x 4 semprot perhari, perlksa T3 & T4 berkala setiap 6 bulan.
45. KULIT
Fungsi kulit adalah :
1. Untuk proteksi, menjaga bagian dalam tubuh.
2. Untuk absorbsi, karena ada pori – pori.
3. Untuk ekskresi, mengeluarkan zat-zat yang tidak berguna dari hasil metabolisme
4. Fungsi persepsi, karena banyak ujung - ujung saraf untuk menerima rangsang halus / kasar / panas / dingin dan tekanan / rasa sakit.
5. Fungsi pengaturan suhu tubuh.
6. Fungsi pembentukan pigmen.
7. Fungsi keratisasi, sel yang sudah tua mengalami kematian dan digantikan oleh sel baru yang dibawahnya.
8. Fungsi pembentukan vit D.
PENYAKIT KULIT
Seperti bisul, jerawat, bintik nanah pada akar rambut.
Sebabnya : infeksi kulit yang disebabkan oleh kuman. Kalau ada kelainan di permukaan kulit, gunakan Propolis untuk dioleskan di kulit setelah propolis di encerkan ( 1 tetes + air jadi 1 sendok teh ) dan diminum 3 x 8 tetes perhari sampai kelainan kulit tsb mongering.
*fak kedokteran UI / ilmu penyakit kulit dan kelamin
46. HERPES ZOSTER
Adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus varisela – zoster yang menyerang kulit dan mukosa. Virus ini menyerang daerah saraf dan terutama di daerah punggung belakang, lebih sering pada orang dewasa dan frekwensi antara laki - laki dan wanita sama. Sebelum muncul kejadian herpes, biasanya di dahului oleh gejala seperti demam, pusing, dan malas.
Juga disertai gejala seperti nyeri pada otot dan tulang, gatal, pegal dsb. Setelah itu muncul kemerahan yang dalam waktu singkat menjadi gelembung yang berkelompok. Gelembung ini berisi cairan yang jernih, kemudian menjadi keruh ( berwarna abu - abu ) dan kemudian mengering kehitaman bahkan kadang - kadang gelembung pecah bernanah dan timbul bekas luka.
Masa aktif penyakit ini berupa munculnya gelembung - gelembung baru yang tetap timbul dan berlangsung selama seminggu disertai rasa gatal dan sakit, sedangkan masa penyembuhan berlangsung selama kira -kira 2 minggu.
Pengobatan : Yang terpenting adalah meningkatkan daya tahan tubuh dan pemberian obat untuk menghilangkan gejala - gejala seperti rasa sakit dan rasa gatalnya.
Untuk kasus anak, konsumsi Propolis 3 x 5 tetes perhari, daerah punggung bias dibedakan. Untuk orang dewasa Propolis 3 x 10 tetes perhari, jangan makan telur / sea food selama sakit. Gelembung herpes jangan digaruk / dipecahkan sendiri tapi tunggu mengering sendiri.
*Fak kedokteran UI/ilmu penyakit kulit dan kelamin ed kedua
47. HERPES SIMPLEKS
Adalah infeksi akut yang disebabkan oleh virus herpes simpleks yang ditandai oleh adanya gelembung di daerah mukosa - kulit.
Gejala klinis :
Tempat tersering muncul di daerah pinggang keatas terutama daerah mulut dan hidung, biasanya dimulai pada usia anak – anak. Untuk jenis lain bisa terjadi di daerah bibir dan genital karena penyakit ini juga ditularkan lewat hubungan seksual.
Mirip dengan herpes zoster, yaitu timbul gelembung juga disertai gejala seperti demam, malas, tidak napsu makan, dan dapat ditemukan pembengkakan pada kelenjar getah bening. Setelah itu muncul kemerahan yang dalam waktu singkat menjadi gelembung yang berkelompok. Gelembung ini berisi cairan yang jernih, kemudian menjadi keruh.
Masa aktif penyakit ini lebih berat dan lebih lama, berlangsung selama 3 minggu. Penyakit ini dapat menjangkiti untuk kedua kalinya / berulang dan lebih berat.
Untuk kasus anak, konsumsi Propolis 3 x 5 tetes. Untuk orang dewasa Propolis 3 x 10 tetes perhari, jangan makan telur / sea food selama sakit. Gelembung herpes jangan digaruk / dipecahkan sendiri tapi tunggu mengering sendiri.
48. KANKER PAYUDARA
Kanker kedua yang paling sering terjadi pada wanita adalah karsinoma payudara. Menyerang kelompok usia 40 -70 tahun, tetapi risiko terus meningkat dengan makin bertambahnya usia.
Sebab - sebab keganasan pada payudara masih belum jelas, tetapi virus, faktor lingkungan, faktor hormonal, dan faktor familial semuanya berkaitan dengan risiko terjadinya tumor. Kebanyakan dari kanker ditemukan jika sudah teraba, biasanya oleh wanita itu sendiri.
Gejala yang tersering adalah :
1. Cairan yang keluar dan puting susu, yang khas adalah cairan keluar dari muara duktus pada satu payudara, dan mungkin berdarah.
2. Adanya perlekatan pada kulit, lekukan pada kulit, dan rasa sedikit tak enak atau tegang.
3. Retraksi I puting payudara tertarik kedalam, pembengkakan lokal, kemerahan atau nyeri.
4. Pembesaran kelenjar limfe regional.
5. Jika penyakit telah berkembang lanjut, dapat terjadi pecahnya benjolan - benjolan pada kulit dan meletus.
Karsinoma payudara bermetastasis dengan penyebaran langsung ke jaringan sekitarnya, dan juga melalui saluran limfe dan aliran darah. Tempat yang paling sering untuk bermetastasis jauh adalah paru – paru, selaput paru, tulang ( terutama tengkorak, tulang belakang, panggul ), dan hati.
Jenis Pemeriksaan : Pemeriksaan payudara sendiri, Riwayat penyakit pada payudara, Pemeriksaan fisik payudara, Mamografi, Biopsi
Pengobatan : jenis tindakan tergantung stadium waktu tumor ditemukan.
Untuk karsinoma payudara digunakan Propolis, tergantung stadium kanker pada pemakaian awal Propolis : 5 – 6 x 15 tetes per hari. Perhatikan efek tindak balas, konsultasikan efek yang timbul apakah karena dampak khemoterapi atau bukan.
*1
49. LELAH
Lelah itu bukan penyakit tetapi merupakan gejala. Biasanya mewujud bila ada masalah seperti kurang gizi, terlalu banyak bekerja, kurang atau kelebihan olah raga, insomnia / kurang tidur, atau ada penyakit.
Penyebabnya : stres, kecemasan, depresi, kurangnya imunitas, infeksi kronis.
Pada wanita kelelahan dapat timbul akibat naik turunnya kadar hormon saat hamil dan menopause atau akibat anemia. Gangguan tidur dan obat, misalnya tekanan darah tinggi, dapat juga menyebabkan kelelahan. Diperlukan Propolis 4 x 8 tetes perhari, selama 1 minggu. Setelah itu sempatkan olah raga ringan selama 30 menit / 4 kali seminggu.
50. LUPUS
Lupus Eritematosus Sistemik ( SLE ) adalah suatu penyakit autoimun yang kronik dan menyerang berbagai sistim dalam tubuh. Tanda dan gejala dari penyakit ini bisa bermacam - macam, bersifat sementara, dan sulit untuk di diagnosis.
SLE menyerang wanita kira - kira 8 kali lebih sering dari pada pria. Penyakit ini seringkali berawal pada akhir masa remaja atau awal masa dewasa.
Gejala SLE dapat bervariasi dari suatu gangguan ringan sampai suatu gangguan yang bersifat fulminan dan mematikan.
Gejala - gejala :
1. Yang paling sering adalah artritis simetris, dapat ditemukan pada 90 % kasus, seringkali sebagai gejala awal. Sendi - sendi yang paling sering terserang adalah sendi pangkal tangan, pergelangan tangan, siku, bahu, lutut, dan pergelangan kaki. Penyakit sendi SLE berbeda dari artritis reumatoid karena jarang bersifat erosif atau menimbulkan deformitas ( kelainan bentuk sendi ).
2. Gejala - gejala konstitusional adalah demam, rasa lelah, lemah, dan berkurangnya berat badan yang biasanya timbul pada masa awal penyakit dan dapat berulang.
3. Pada kulit berupa bercak kemerahan pada pipi, Ieher, dan anggota gerak, atau pada tubuh. Kira - kira 40% dan penderita SLE memiliki bercak khas berbentuk kupu - kupu. Sinar matahari dapat memburuk bercak kulit ini.
4. Rambut rontok
5. Luka pada mukosa mulut dan nasofaring.
6. Nyeri dada dapat timbul akibat proses peradangan kronik dari SLE.
7. Infeksi pada jantung, yang menyerang otot jantung.
8. Gangguan pada jari.
9. Gangguan ginjal
10. Gangguan saraf berupa perubahan tingkah laku, kejang - kejang, gangguan saraf otak.
11. Gangguan darah
Pengawasan : pengobatan yang kompleks dan penyuluhan tindakan - tindakan pencegahan.
Penderita perlu berkonsultasi ke RS / dokter untuk pemakaian obat – obatan yang di konsumsi. Pada SLE dicoba pakai Propolis dan HGH bersama untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Propolis 4 x 15 tetes perhari dan HGH biyang 3 x 5 semprot dibawah lidah.
51. MATA
Adalah indra penglihatan tersusun atas :
 Alat tambahan mata : alis, kelopak, bulu mala, kelenjar air mata
 Otot bola mata
 Bola mata
 Saraf otak
Kelainan pada mata :
Gangguan visus I ketajaman penglihatan.
1. Mata miopi I rabun jauh, perlu kaca mata lensa negatif.
2. Mata hipermetrof I rabun dekat, perlu kaca mata lensa positif.
3. Mata astigmat perlu kacamata silindris.
4. Mata presbiop, karena lensa kehilangan elastisitas sehingga tidak bisa berakomodasi dengan baik, ini terdapat pada orang mulai usia 40 tahun , yang tidak jelas untuk melihat dekat. Jadi perlu memakai kaca mata lensa positif.
Gangguan penglihatan :
Mata dapat kehilangan fungsi penglihatan I buta karena :
1. Kornea mengalami kekeringan ( kekurangan vit A ), infeksi dan perlukaan.
2. Lensa mengalami kekeruhan I katarak.
3. Tekanan intra okuler I tekanan dalam bola mata yang tinggi I glaukoma.
4. Retina mengalami trauma hebat sehingga lepas atau saraf mata rusak .
Penyakit mata
Konjungtivitis I mata merah.
Keratitis, infeksi pada cornea.
Iridosiklitis, infeksi pada iris.
Retinitis, infeksi pada retina .
Tumor Orbita : jarang
Tanda – tanda : mata menonjol keluar, salah satu sisi.
Gangguan visus jika mengenai saraf kedua.
Gangguan kerak mata.
Kerusakan tulang yang dapat dilihat pada rontgen foto.
Tumor Ganas :
Yaitu Sarcoma dan Carcinoma.
Pengobatan : pengangkatan rongga mata.
52. MENOPAUSE
Adalah berhentinya siklus perdarahan uterus yang teratur, merupakan satu peristiwa dalam klimakterium.
Klimakterium adalah fase fisiologis yang terjadi jika fungsi ovarium telah mengalami regresi.
Menopause biasanya terjadi antara usia 45 – 52 tahun. Selama klimakterium, kadar estradiol menurun dan ovarium mengecil dan akhirnya folikel / telur juga menghilang.
Tanda dan gejala menopause :
Siklus mens menjadi lebih pendek karena fase folikuler yang memendek atau siklus menjadi tidak teratur dan makin jarang, dimana pada beberapa siklus terjadi ovulasi dan yang lain anovulasi.
Gejala – gejala yang umum dari menopause adalah :
Hotflushes ( panas pada kulit ), berdebar – debar, sakit kepala, tangan dan kaki terasa dingin, mudah tersinggung, vertigo, cemas, gelisah, depresi, insomnia / susah tidur, keringat waktu malam, pelupa, tidak dapat konsentrasi, lelah dan penambahan berat badan. Gejala yang paling sering adalah hot flushes. Tanda yang khas yaitu kulit menjadi merah dan hangat, terutama pada kepala dan leher.
Gejala ini kemudian diikuti dengan :
 Menggigil kedinginan.
 Kulit genitalia serta dinding vagina dan uretra menipis dan lebih kering, sehingga mudah terjadi iritasi, dan infeksi.
 Labia, klitoris, uterus, dan ovarium mengecil.
 Elastisitas kulit juga berkurang.
 Osteoporosis terjadi pada 25% wanita post menopause dalam waktu 15 – 20 tahun setelah menopause.
 Komplikasi yang sering adalah patahnya tulang belakang, dan tulang paha. Patahnya tulang paha merupakan penyebab kematian hingga 15% pada wanita yang berusia 60 tahun keatas. Pada menopause baik digunakan HGH dan Propolis untuk awet muda, meningkatkan daya tahan tubuh dan membantu meminimalkan gejala – gejala premenopause. HGH 2 x 4 – 5 semprot di bawah lidah sedangkan Propolis 3 x 8 tetes perhari sebagai rutinitas.
53. MIOMA UTERI
Adalah tumor jinak otot dinding rahim pada wanita usia produktif, miom dapat tumbuh didalam atau diluar rahim atau didalam otot rahim . Miom bisa tumbuh satu atau lebih dari satu dan ukurannya bervariasi, perkembangannya juga bervariasi ada yang cepat tapi ada yang lambat. Sebagian besar kasus miom tidak berbahaya, tidak berhubungan dengan peningkatan risiko kanker, dan sangat jarang berubah menjadi kanker.
Gejala -gejala :
1. Nyeri di perut atau di pinggul
2. Perut terasa penuh
3. Nyeri senggama
4. Gejala anemia karena banyak kehilangan darah
5. Sering berkemih karena miom menekan kandung kemih
6. Tekanan pada panggul
7. Infertilitas atau keguguran
8. Konstipasi
9. Nyeri haid, perdarahan haid yang tidak normal ( lebih lama dan lebih banyak )
10. Haid tidak teratur
Penyebab : Masih belum jelas, tapi ada dugaan faktor genetik mempunyai peranan terhadap penyakit ini. Pertumbuhan miom dikendalikan oleh faktor hormonal terutama hormon estrogen. Miom cenderung berkembang pada masa reproduksi, dan dapat bertambah besar, dengan cepat selama kehamilan, yang mana kadar estrogennya sangat tinggi.
Miom biasanya menyusut setelah menopause .
Faktor - faktor lain yang juga berpengaruh adalah ketidak seimbangan emosi, seperti stress, daya tahan tubuh yang rendah, gaya hidup yang tidak seimbang. Inilah yang menyebabkan gangguan pada hormon dan memungkinkan pertumbuhan miom.
Pemeriksaan : fisik dan USG
Pengobatan : pemberian hormon dan operasi.
Pada miom uteri bias gunakan Propolis dengan dosis 4 x 15 tetes perhari, rutin sampai dapat haid teratur dan tidak ada rasa sakit pada tiap bulannya. Kemudian lakukan pemeriksaan tiap 3 bulan apakah miom makin mengecil dan tidak mengarah ke tingkat keganasan.
54. MUAL & MUNTAH
Mual adalah perasaan ingin muntah yang menyebabkan kita kehilangan nafsu makan.
Muntah adalah keluarnya isi lambung melalui mulut. Keduanya dapat terjadi karena adanya kontraksi otot yang kuat di perut dan dada.
Mual atau muntah terjadi jika pusat muntah yang ada di otak menerima rangsangan, yang dapat berasal dari :
 Iritasi di saluran pencernaan : karena asam lambung atau keracunan makanan
( makanan mengandung bakteri, virus atau toksin ).
 Mabuk perjalanan : karena olak menerima sinyal yang membingungkan dari mata dan cairan yang ada di telinga tengah .
 Perubahan kadar hormon pada masa awal kehamilan terutama dengan dihasilkannya hormon kehamilan HCG ( human chorionic gonadotropin ).
 Bau yang menyengat : parfum, bau busuk / pesing / anyir.
 Gangguan aliran cairan / isi lambung : sesudah bermain Kora - Kora / Halilintar.
 Penyumbatan di saluran empedu : menyebabkan makanan berlemak tidak dapat dicernakan sebagaimana mestinya .
 Infeksi di saluran pencernaan : infeksi bakteri penyebab tifus, infeksi virus penyebab demam berdarah, infeksi parasit, penyebab malaria .
 Nyeri.
 Stres emosional.
 Obat - obatan tertentu : anestesi, obat kanker, anti depresan, antibiotik tertentu.
 Penyakit tertentu : tukak lambung, radang usus besar, radang pada membran yang melapisi bagian dalam lambung dan usus.
Perhatikan :
Jika anda mual lakukan langkah - Iangkah berikut :
1. Minum sedikil air hangat, teh manis hangat, air jahe atau jus apel : untuk membantu menormalkan kembali gerakan lambung ( mengalirkan makanan menuju ke bawah ). Jangan minum susu karena susu akan merangsang usus bergerak lebih cepat sehingga memperburuk kondisi yang anda hadapi.
2. Makan sesuatu yang lunak dan mengandung tepung, misal crackers atau roti tawar. Untuk wanita hamil, crackers atau roti dianjurkan dimakan sebelum bangkit dari tempat tidur pada pagi hari, karena wanita hamil sering mengalami mual di pagi hari.
3. Jika berada dalam perjalanan naik mobil atau KA tataplah kedepan dan jangan melihat kesamping. Jangan berbaring karena hal tersebut akan memudahkan anda untuk muntah.
4. Kunyah permen karet, aktivitas mengunyah membuat konsentrasi beralih ke mulut dan membantu melupakan hal hal yang memicu mual.
Pada keadaan mual atau muntah, tenangkan dulu setelah itu konsumsi Propolis 3 – 4 x 8 tetes perhari, ditetes di air putih hangat lalu diminum. Jangan makan atau minum yang rasa asam.
55. PNEUMONIA BALITA
Adalah penyakit infeksi yang menyerang paru - paru yang ditandai dengan batuk disertai napas cepat dan atau napas sesak pada anak usia balita ( 0 - < 5 tahun ).
Penyakit Pneumonia berbahaya karena dapat mengakibatkan kematian dalam waktu 3 - 10 jam apabila tidak segera mendapat pertolongan yang cepat dan tepat.
Gejala penyakit :
Batuk, sesak napas dan napas cepat.
Penularan :
1. Ditulari dari penderita batuk lainnya.
2. Karena immunisasi tidak lengkap.
3. Anak kurang gisi serta pemberian ASI yang tidak memadai.
4. Terpapar oleh asap atau debu secara berulang - ulang.
5. Lingkungan yang tidak sehat.
Cara pencegahan agar balita tidak terkena Pneumonia:
1. Jauhkan anak dari penderita batuk.
2. Lakukan imunisasi lengkap di klinik / Puskesmas.
3. Berikan ASI pada bayi I anak usia 0 - 2 tahun.
4. Bersihkan lingkungan rumah terutama ruangan tempat tinggal balita anda.
5. Jauhkan bayi dari asap, debu serta bahan - bahan lain yang mudah terhirup oleh balita.
Tingkatkan daya tahan tubuh bayi / balita dengan pemberian ASI sampai usia 2 tahun. Perhatikan makanan anak dengan makanan sehat dan bergizi. Pemberian Propolis 3 x 4 tetes per hari di encerkan dalam 50 cc air putih. Untuk anak bayi dan balita aman diberikan Propolis sebab propolis produk herbal.
56. HIPERPLASIA PROSTAT
Hiperplasia prostat jinak ( BPH ) adalah pertumbuhan dari nodule jaringan dalam prostat. Lebih dari 50% pria diatas usia 50 tahun mengalami pertumbuhan module ini.
Jaringan hiperplastik terutama terdiri dari kelenjar.
Penyebab dari BPH tidak diketahui.
Pembesaran jaringan prostat periuretral menyebabkan bendungan leher kandung kemih yang mengakibatkan berkurangnya aliran kemih dari kandung kemih.
Tanda dan Gejala : Sering berkemih, kencing malam Kebelet Kencing sering tersendat Rasa tidak lampias berkemih Kemih yang menetes setelah berkemih
Bendungan pada leher kandung kemih mengakibatkan berkurangnya atau tidak adanya aliran kemih, dan ini memerlukan pembedahan pada prostat.
Untuk pembesaran prostat dapat digunakan Propolis dan HGH Biyang bersama. Propolis 3 x 15 tetes perhari dan HGH 2 x 5 semprot dibawah lidah. Sampai gejala berkemih tak ada masalah dan tak ada rasa sakit ketika hendak berkemih.
57. PROSTATITIS
Prostatitis akut adalah peradangan prostat, dapat bersifat akut atau kronis. Infeksi dapat terjadi karena kuman naik ke atas melalui uretra, refluks kemih dari kandung kemih yang terinfeksi, atau penyebaran langsung melalui aliran limfe atau darah.
Gejala – gejala :
Demam, menggigil
Nyeri pada pinggang bawah
Nyeri sekitar kelamin
Sakit ketika berkemih
Penyempitan uretra
Pada pemeriksaan rektal, prostat teraba nyeri, membengkak hangat, dan keras.
Prostatitis kronik adalah sebab utama dari infeksi saluran kemih yang sering kambuh pada pria. Gejala - gejala adalah : Nyeri ketika berkemih, kebelet, sering berkemi dan berkemih malam. Nyeri dapat terjadi di punggung bawah, daerah genital, daerah penis, skrotum dan atas kelamin. Pemeriksaan rektal untuk maraba prostat mungkin tidak menghasilkan apa - apa. Seringkali orang yang bersangkutan tidak, menunjukkan gejala sampai terjadi infeksi yang nyata. Acapkali terjadi infeksi di kandung kemih yang tidak dirasa dan berulang - ulang. Jika diobati dengan antibiotik, gejala-gejala ini akan mereda.
Untuk prostatitis, gunakan Propolis 5 x 15 tetes per hari, sampai gejala – gejala hilang tuntas. Harus di bedakan dengan batu saluran kemih. Baik pada pria maupun wanita jangan menahan urin ketika hendak berkemih.
58. KANKER PROSTAT
Kanker prostat berjumlah sekitar 19 % dari seluruh kanker pada pria, dan 95 % jenis di antara kanker prostat adalah Adenokarsinoma.
Tidak ada hubungan antara hiperplasia prostat jinak dengan perkembangan kearah keganasan. Dengan berkembangnya tumor dapat terjadi perluasan langsung ke uretra, leher kandung kemih, dan kelenjar vesikula seminalis.
Karsinoma prostat dapat juga menyebar melalui jalur limfatik atau melalui darah.
Metastasis yang tersering melalui darah adalah ke tulang pelvis, tulang belakang lumbal, tulang paha, tulang belakang toraks, dan tulang rusuk. Metastasis ke organ adalah ke hati dan paru -paru.
Gejala awal tidak spesifik. Pria mungkin hanya menunjukkan tanda - tanda bendungan aliran kemih. Pada pemeriksaan rektal dari prostat, tumor teraba keras karena terdapat indurasi di daerah prostat. Biopsi pada daerah yang terkena dapat memastikan diagnosis. Untuk kanker prostat, gunakan Propolis 5 x 15 tetes perhari untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan memperkecil stadium kanker.
*2
59. PENYAKIT DARAH
LEUKEMIA Akut
Adalah penyakit karena gangguan pada sel darah putih, dimana jumlahnya berlebihan.
Angka normal sel leukosit adalah 10.000 / mm³.
Penyebabnya : tidak diketahui tapi ada pengaruh faktor genetik maupun faktor lingkungan seperti kontak dengan radiasi , terpapar zat kimia ( benzen, arsen, kloramfenikol dll ).
Gejala -gejala :
 Perdarahan pada gusi dan hidung
 Lemah, cepat lelah
 Demam , nyeri tekan di tulang dada
 Kadang - kadang terjadi pembesaran hati dan limpa
 Pemerisaan Lab : terdapat jumlah trombosit rendah dan anemia
HEMOFILIA
Adalah gangguan perdarahan herediter yang disebabkan oleh karena kekurangan atau gangguan fungsional faktor pembekuan plasma yang manapun.
Gangguan perdarahan ini bersifat diturunkan dari gen X- resesif, artinya semua anak perempuan dari pria penderita hemofilia akan menjadi karier ( pembawa sifat ). Anak laki - laki dari seorang perempuan karier hemofilia mempunyai kemungkinan 50% menjadi penderita hemofilia.
Derajat perdarahan berkaitan dengan banyaknya aktivitas vaktor beratnya cedera.
Perdarahan spontan , perdarahan sendi, dan perdarahan jaringan bagian dalam, ditemukan pada tingkat aktivitas faktor kurang dari 1%.
Namun jika tingkat aktivitas mencapai 5% atau lebih, perdarahan umumnya berkaitan trauma atau tindakan pembedahan. Perdarahan biasanya ditemukan pertama kali pada saat sirkumsisi.
Gejala -gejala :
Perdarahan jaringan bagian dalam dan perdarahan sendi yang bisa timbul kembali oleh trauma. Perdarahan di dalam otak dapat membahayakan.
Pengobatan : dengan mengganti faktor pembekuan yang tidak ada dengan infusan serum.
Pada kasus kelainan darah ini lebih banyak dibutuhkan tindakan / penanganan oleh RS karena untuk diagnose penyakit ini diperlukan alat penunjang yang lebih canggih dan mutakhir. Propolis digunakan untuk memperbaiki daya tahan tubuh, 4 x 15 tetes perhari, dan tetap berkonsultasi dengan dokter spesialis hematologi.
*1
THALASSEMIA
Merupakan penyakit keturunan di mana sel darah merah mudah rusak atau umurnya lebih pendek dari sel darah normal ( 120 hari ), sehingga penderita akan mengalami anemia.
Penyebab thalassemia adalah sel - sel darah tidak mengandung cukup haemoglobin karena adanya kelainan atau perubahan pada salah satu bagian gen hemoglobin.
Gejala - gejala :
1. Anemia
2. Jantung berdebar - debar
3. Tulang tipis dan rapuh
PENYAKIT KELAMIN
Yang dibahas disini adalah :
1. Gonore
2. Herpes Simpleks
3. Trikomoniasis
4. Sifilis
5. AIDS
60. GONORE :
Penyakit kelamin yang terbanyak kejadiannya diantara yang lainnya, disebabkan oleh bakteri kokus, ditularkan melalui hubungan seksual.
Gejala klinik : masa tunas terjadinya infeksi sangat singkat hanya 2 – 5 hari, dapat terjadi pada pria maupun wanita. Pada pria yang paling sering dijumpai adalah infeksi saluran kemih, selanjutnya dapat menjalar ke organ diatasnya. Keluhan yaitu rasa gatal dan panas bagian ujung saluran kemih. Kemudian disertai sakit ketika berkemih, keluar nanah yang kadang - kadang disertai darah, dan disertai perasaan nyeri pada waktu ereksi.
Pada ujung saluran kemih tampak merah, bengkak, dan luka.
Terdapat pembesaran kelenjar getah bening daerah inguinal.
Terdapat juga gejala - gejala dari infeksi organ lainnya sepeti kelenjar - kelenjar di sekitar alat kelamin.
Gejala pada wanita : lendir vagina, nyeri ketika berkemih, sering berkemih, sakit punggung belakang, dan nyeri di perut darn panggul. Pada pemeriksaan, serviks tampak rapuh dan bengkak, disertai lendir kental dan bernanah.
Pengobatan : perlu antibiotik khusus / spesifik sesuai dengan kuman penyebabnya.
Perlu penggunaan Propolis dan HGH untuk kesembuhan organ dan kelenjar – kelenjar di daerah alat kelamin. Dosis Propolis 3 x 10 tetes + HGH 3 x 4 semprot di bawah lidah. Pemakaian antibiotic harus dari petunjuk dokter tidak boleh beli bebas karena perlu yang spesifik.
61. HERPES GENITALIS
Disebabkan oleh virus herpes simpleks, ditularkan melalui hubungan ksual.
Pada infeksi pertama dapat menimbulkan gejala yang ringan atau tidak ada sama sekali. Tetapi pada wanita, infeksi herpes genitalis primer secara khas ditunjukkan oleh adanya beberapa / banyak lembung pada bibir kelamin, menyebar pada daerah kemaluan dan paha, yang kemudian berlanjut menjadi luka yang sangat nyeri. Vagina dan serviks sering kali terserang, sehingga menimbulkan sekret vagina yang banyak, nyeri sewaktu berkemih.
Pada pria gelembung terdapat pada ujung penis, batang penis, dan leher penis.
Kelenjar limfe inguinal biasanya membesar.
Gejala - gejala umum ( pria ) : lemes, demam, sakit kepala. Sedang pada wanita mungkin mengalami urin tertahan di kandung kencing karena nyeri di bagian luar saluran. Gejala - gejala dan luka / koreng daerah kelamin ini berlangsung selama 3 minggu atau lebih dan akan menghilang sepenuhnya.
Gelembung - gelembung yang timbul disekitar alat kelamin sangat infeksius / menular untuk pasangan seks masing - masing sampai koreng sembuh sempurna. Sering terjadi kekambuhan karena virus masih ditemukan di serviks hingga 3 bulan setelah infeksi primer dan 1 bulan setelah infeksi ulangan.
Pengobatan : dengan anti virus dan obat anti nyeri.
Untuk herpes genitalis, gunakan Propolis dan HGH untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan pertahanan, sebab terjadi penularan ke organ – organ sekitar kelamin yang berbahaya. Propolis 4 x 10 tetes perhari dan HGH 3 x 4 semprot dibawah lidah sampai luka dan koreng mengering dan tidak ada nyeri ketika berkemih. Intibiotik dan antivirus bias tetap dikonsumsi.
*2
62. TRICHOMONIASIS
Penyebabnya adalah parasit protozoa, terjadi di seluruh dunia, mengenai sekitar 15% wanita dengan seksualitas aktif dan 10% pria dengan seksualitas aktif. 50% wanita yang terbukti menderita Gonore juga menderita trikomoniasis.
Tanda - tanda dan gejala - gejala :
 Sekret vagina yang banyak
 Berbau dan berbusa
 Nyeri dan gatal, bengkak di kemaluan
 Perdarahan kecil - kecil pada permukaan serviks.
Tetapi lebih dari 50% wanita dengan trikomoniasis adalah tanpa gejala. Jika tidak diobati, gejala - gejala dapat mereda tetapi infeksi akan menetap secara subklinis = tanpa gejala.
Kebanyakan pria pasangan seksual dari wanita yang mengidap organisme trikomoniasis juga memiliki organisme tersebut dalam uretra dan prostat.
Pengobatan : penderita dan pasangannya harus sama - sama makan obat sebab kalau tidak penyakit seperti bola pingpong yang tidak pernah akan tuntas.
Kasus ini sama dengan sebelumnya, gunakan Propolis dan HGH, Pemakaian Propolis 4 x 10 tetes perhari dan HGH 3 x 4 semprot dibawah lidah, sampai gejala – gejala membaik.
63. SIPILIS
Adalah infeksi kronik menular yang disebabkan oleh bakteri yang berbentuk spiral.
Cara penularan adalah kontak langsung dengan luka infeksi. Ciri dari penyakit ini adalah gejala klinis yang berbeda - beda . Masa inkubasi berkisar dari 10 - 90 hari.
T erbagi atas 4 fase :
Fase primer yaitu :
Luka / koreng, keras, tidak nyeri, yang terbentuk pada tempat kontak, biasanya pada leher penis ( laki ) dan pada bibir kelamin ( wanita ). Bibir dan jari adalah tempat lain yang juga sering untuk luka primer. Infeksi limfe muncul pada 1 minggu kemudian. Pembengkakan dapat meluas terutama pada daerah kelamin perempuan. Pada laki - laki juga terjadi pembengkakan pada leher penis dan kulit penis.
Fase sekunder : sekitar 6 minggu sampai 6 bulan setelah terpapar, dengan gejala - gejala lemah, demam ringan, kaku kuduk, pilek dengan ingus cair, mata berair.
Organ yang terserang adalah kulit, tenggorokan dan mulut, genitalia, susunan saraf pusat, mata dan organ dalam. Luka cukup bervariasi, di kelamin mungkin timbul tonjolan yang basah, pipih dan menyerupai kutil. Semua perlukaan Sipilis fase sekunder menular.
Fase laten : kalau tidak diobati koreng dari fase sekunder akan sembuh sendiri dalam waktu 4 sampai 12 minggu dan pasien akan masuk dalam stadium sipilis laten.
Fase tersier : yang menyebabkan kerusakan pada penderita, tetapi tidak menular terhdap orang lain. Kuman dapat menyusup ke setiap sel tubuh dan merusak setiap organ atau struktur dalam tubuh.
Pada 17% penderita sipilis yang tidak diobati akan timbul lesi jinak pada kulit yang dikenal dengan gumata yaitu koreng destruktif dan tumor pada kulit, tulang dan hati.
Sipilis kongenital yaitu infeksi yang didapat oleh janin dalam kandungan, karena kuman dapat menembus plasenta dari ibu ke janin sesudah minggu ke 18 kehamilan.
Bayi yang baru lahir tidak dapat berkembang dengan baik, menderita molar – mulberry, bagian depan tulang tibia / tulang kering menjadi tajam, infeksi mata keratitis, dan tuli saraf, dahi menonjol kedepan, dan bentuk hidung pelana.
Pengobatan : antibiotik Kasus Sipilis membawa cacat bawaan seumur hidup bagi janin, sedang pada orang dewasa yang terkena tidak begitu parah namun membawa derita berkepanjangan. Pemakaian Propolis 4 x 15 tetes perhari, sejak fase primer hendaknya makan obat antibiotik atau yang disuntikkan.
64. OSTEOPOROSIS
Suatu keadaan yang ditandai dengan masa tulang yang rendah dan kerusakan pada arsitektur tulang, sehingga meningkatkan risiko patah tulang.
Kekuatan tulang ditentukan oleh 2 faktor utama yaitu kepadatan dan kualitas tulang.
Faktor risiko : Jenis kelamin : wanita memiliki risiko osteoporosis lebih tinggi dibandingkan pria. Kurangnya olah raga : olah raga yang cukup dan tidak berlebihan akan menjaga kualitas tulang.
Riwayat keluarga : ada keturunan osteoporosis. Menopause dini : kurangnya estrogen mempercepat proses hilangnya tulang. Usia : usia tua risiko lebih tinggi.
Gejala - gejala :
Osteoporosis sering disebut sebagai silent disease karena proses hilangnya tulang berlangsung secara progresif selama bertahun - tahun tanpa kita sadari dan tanpa disertai gejala.
Gejala - gejala yang timbul seperti patah tulang, punggung yang semakin membungkuk, berkurangnya tinggi badan serta nyeri unggung seringkali timbul pada tahap osteoporosis lanjut.
Atau kondisi tersebut lebih banyak diabaikan karena dianggap merupakan proses alami penuaan.
Pada osteoporosis digunakan propolis dan HGH bersama dosis Propolis 3 x 10 tetes perhari sedang HGH 2 x 5 semprot dibawah lidah. Jangan minum minuman bersoda dan makanan yang terlalu asin. Konsumsi susu dengan calsium tinggi.
*brosur kesehatan lab Prodia tentang osteoporosis
65. THYPUS ABDOMINALIS
Merupakan penyakit infeksi yang menyerang saluran pencernaan, terutama usus kecil. Penyebabnya adalah kuman Salmonella Thipi, yang masuk melalui mulut oleh makanan atau minuman yang tercemar. Kemudian menyebar masuk kedalam darah dan ke pembuluh getah bening.
Gejala -gejala penyakit :
1. Demam yang lama sekitar 1 minggu, Masa inkubasi 7 - 21 hari
2. Mual / enek, muntah
3. Panas dingin
4. Sakit kepala
5. Buang air besar mencret atau malahan konstipasi.
6. Gangguan kesadaran
7. Ada pembesaran hati, pembesaran limpa
8. Denyut nadi lambat dan pada pemeriksaan darah : test Widal positif dan jumlah leukosit menurun.
Pengobatan : istirahat, diet lunak tanpa serat, tanpa gorengan, tanpa cabai dan santan, serta obat antibiotik dosis cukup. Perlu dibantu dengan kompres air dingin untuk panasnya.
Kasus typus harus istirahat dulu untuk mengistirahatkan badan yang sedang mengalami infeksi. Gunakan Propolis 4 x 20 tetes perhari, Pada pasien umur > 30 tahun boleh ditambah HGH 2 x 5 semprot untuk memulihkan organ – organ dalam. Gejala – gejala sembuh kalau sudah enak makan, tidak enek dan badan sudah bersemangat lagi.
66. TUBERKULOSE
TB adalah penyakit menular yang disebabkan oleh Mycobacterium Tuberculosis. Kuman ini sebagian besar menyerang paru - paru tapi dapat juga mengenai organ lain seperti tulang, kelenjar getah bening, kulit.
Gejala - gejala TB :
1. Gejala utama penderita TB adalah batuk disertai dahak lebih dari 3 minggu.
2. Sesak napas dan nyeri dada.
3. Badan lemah, kurang enak badan.
4. Keringat pada malam hari walau tanpa kegiatan.
5. Berat badan menurun.
Penularan
Terjadi melalui udara yang terhirup orang lain pada saat penderita TB batuk atau bersin tanpa menutup mulut dan hidung.
Pengobatan
Agar sembuh secara sempurna maka harus minum obat secara rutin tanpa lupa / lalai atau putus obat selama 6 bulan.
Setelah tuntas minum obat selama 6 bulan maka lakukan pemeriksaan dahak yaitu BTA atau dengan pemeriksaan foto paru / dada.
Penderita TB karena daya tahan tubuhnya lemah, kurang gizi, atau tempat tinggal di lokasi yang padat. Setelah dinyatakan positif TB maka harus makan obat selama 6 bulan tanpa henti / putus, dan minum Propolis 3 - 4 x 15 tetes perhari untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Sampai ada kenaikan BB dan oleh dokter sudah dinyatakan tidak berbahaya lagi / menularkan penyakitnya ke orang lain.
*Departemen Kesehatan RI /PMO/stop TB
67. SIRHOSIS HATI
Adalah penyakit hati kronis yang ditandai oleh kelainan arsitektur sel hati.
Sirhosis dapat mengganggu sirkulasi darah dalam hati, dan pada kasus yang lanjut menyebabkan kegagalan fungsi hati secara bertahap.
Kejadian gangguan ini meningkat secara drastis akibat meningkatnya kasus Hepatitis virus yang meningkat dan juga peningkatan penggunaan alkohol.
Alkohol merupakan penyebab tunggal yang paling penting.
Perjalanan penyakit berjalan tahunan, dimana perubahan - perubahan kelainan berjalan lambat namun fungsi hati mengalami kemunduran secara bertahap.
Gejala - gejala penyakit :
1. Badan kuning
2. Bengkak pada kaki dan lengan
3. Bisa perdarahan
4. Telapak tangan merah
5. Limpa membesar
6. Pelebaran pembuluh darah di lambung dan esotagus
7. Cairan dalam rongga perut
8. Hipertensi
Pengobatan :
Biasanya tidak memuaskan, tidak ada obat yang dapat menghentikan atau memperbaiki proses kerusakan sel hati. Pengobatan terutama ditujukan pada penyebabnya seperti menghentikan penggunaan alkohol dan sumbatan pada saluran empedu dan mengatasi berbagai komplikasi seperti perdarahan saluran cerna, timbunan cairan di rongga perut. Sirhosis adalah perjalanan penyaklt dari hepatitis atau orang yang konsumsi alkohol tahunan, tingkat kematiannya tinggi. Konsumsi Propolls 5 x 15 tetes perhari dan HGH 2 x 5 semprot dibawah lidah. Perlu perawatan keluarga yang mengawasi penyakitnya dan dietnya.
68. SINUSITIS
Sinusitis adalah radang pada lapisan bagian dalam dari sinus, sehingga membengkak, mengganggu aliran lender yang normal dan menyebabkan penyumbatan.
Akibatnya sinus terisi lender kental atau nanah.
Penyebab radang adalah infeksi oleh virus atau bakteri. Sinus sendiri adalah rongga kosong yang ada di sekitar hidung dan terisi udara.
Fungsi sinus adalah :
 Membantu mencium bebauan
 Melembabkan dan menghangatkan udara yang kita hirup
 Memperbaiki kualitas suara
 Menghasilkan lendir : untuk membersihkan dan melembabkan saluran – saluran di hidung.
Kita mempunyai beberapa sinus yang terletak di samping dan di atas hidung. Sebagian sinus sudah terbentuk ketika kita lahir dan yang lainnya baru terbentuk setelah kita berusia 2 tahun atau lebih.
Didalam setiap sinus terdapat rambut – rambut kecil yang disebut cilia. Pada keadaan normal cilia tersebut secara terus menerus bergerak menyapu lendir keluar dari sinus menuju hidung dan tenggorokan.
Pada penderita sinusitis, saluran keluar dari lendir tersebut tersumbat, sehingga lendir tetap berada di sinus. Terkumpulnya lendir ini mengundang lebih banyak bakteri untuk berkembang biak di sinus dan selanjutnya menambah jumlah lendir.
Jika dibiarkan lendir ini semakin lama akan semakin kental, bahkan dapat berubah menjadi nanah. Hal ini terjadi ketika banyak sel darah putih yang mati dalam upaya melawan bakteri yang ada dalam lendir tersebut. Lendir atau nanah yang ada di sinus inilah yang menimbulkan gejala sinusitis.
Penyebab & faktor risiko :
1. Infeksi virus di saluran pernapasan bagian atas : merupakan pemicu sinusitis yang paling sering. Infeksi virus akan meningkatkan produksi lendir dan dapat merusak sel – sel cilia, sehingga memperlambat pengeluaran lendir dari sinus.
2. Infeksi bakteri di saluran pernapasan bagian atas.
3. Reaksi hiper reaktif, misal hidung berair terus menerus khususnya di pagi hari sebelum matahari terbit.
4. Adanya polip di hidung : pertumbuhan jaringan yang kecil ini dapat menghambat / memperlambat pengeluaran cairan dan memudahkan terjadinya infeksi.
5. Udara dingin, asap rokok.
6. Infeksi gigi atau pemasangan gigi palsu yang tidak tepat.
7. Menyelam atau bepergian dengan pesawat udara.
8. Iritasi dari zat kimia.
Tanda & Gejala :
1. Keluar lendir kental berwarna hijau atau kuning.
2. Hidung berair terus menerus.
3. Hidung bengkak / tersumbat, yang membuat sulit bernapaa melalui hidung.
4. Nyeri atau terasa ada tekanan di lokasi sinus yang mengalami peradangan. Tergantung dari sinus yang mana yang sedang mengalami peradangan, nyeri tersebut dapat muncul di :
Gigi atau pipi bagian atas
Antara dua mata
Atas alis mata
Wajah bagian atas atau dan dapat menyebar ke belakang kepala bagian bawah.
5. Nyeri akan memburuk jika penderita membungkuk atau berbaring.
6. Sakit kepala
7. Demam
Cara mengatasi :
Uapi sinus : dengan menghirup uap hangat beberapa kali sehari membantu mengencerkan dan memudahkan pengeluaran lendir.
Bila perlu gunakan kompres hangat di sekitar hidung, pipi dan mata untuk membantu mengencerkan lendir sehingga mengurangi nyeri pada wajah.
Minum 8 gelas air setiap hari : akan membantu mengencerkan cair di sinus dan membantu mempercepat pengeluarannya.
Pengobatan :
Karena sebagian besar kasus sinusitis memburuk akibat infeksi bakteri, maka dibutuhkan antibiotik.
Untuk kasus sinusitis, konsumsi Propolis 5 x 8 tetes perhari pada dewasa atau 5 x 4 tetes pada anak < 12 tahun. Lakukan aktivitas di ruangan tanpa AC tapi juga tanpa debu.
69. STROKE
Merupakan gangguan sirkulasi serebral / sirkulasi otak.
Merupakan suatu gangguan neurologik fokal yang dapat timbul sekunder dari suatu proses kelainan pada pembuluh darah otak misalnya trombosis / penyempitan lumen pembuluh, emboli pecahnya dinding pembuluh darah, aterosklerosis, dan trauma.
Penyebab utama terjadinya stroke adalah :
Aterosklerosis / trombosis = plak berlemak pada bgn dinding dalam pembuluh darah.
Emboli = benda yang dapat menyumbat lumen pembuluh darah.
Hipertensi yang menimbulkan perdarahan dalam otak
Pecahnya pembuluh darah
Stroke biasanya disertai satu atau beberapa penyakit lain seperti hipertensi, penyakit jantung, peningkatan lemak dalam diabetes melitus, atau penyakit pembuluh darah tepi.
Keparahan suatu stroke berbeda - beda. Tejadi secara tiba - tiba dan dramatis, sehingga penderita benar-benar bagaikan"terpukul jatuh" Pada kasus yang terakhir ini mungkin disertai lumpuh separuh badan dan tidak sadar.
Gejala klinis utama : Kelemahan pada satu atau keempat anggota gerak Peningkatan refleks lutut Ataksia / gangguan keseimbangan Tanda Babinski kedua belah badan / Tanda Serebelar Sulit menelan Sulit bicara Gangguan kesadaran Gangguan penglihatan Muka baal
Kejadian stroke bisa berulang, dan setiap kambuh pasti lebih berat kasusnya. Oleh sebab itu perlu dijaga kestabilan tensi, gula darah, kolesterol dan lain – lain. Konsumsi HGH 3 x 5 semprot dan Propolis 4 x 10 tetes perhari.
70. STRES
Adalah reaksi biologis terhadap setiap rangsangan yang merugikan fisik, mental atau emosional, intemal dan eksternal.
Penyebab stres :
Kondisi pekerjaan, keuangan dan relasi kita dengan orang lain yang kurang baik. Perceraian, kematian orang yang kita cintai, pemutusan hubungan kerja, pindah kerja dll.
Pengaruh stres : Sakit kepala Sulit tidur, sehingga timbul rasa capai luar biasa Sakit flu dan infeksi Konsentrasi rendah dan mudah sakit Mudah panik dan cemas Hilang nafsu makan, sembelit, diare Irama jantung tidak teratur, berkeringat, dan gemetar.
Dalam jangka panjang, menimbulkan gangguan serius seperti hipertensi, serangan jantung, dan stroke, hilangnya nafsu seksual, bahkan memicu disfungsi ereksi.
Stres dapat dikontrol !
Dengan mengubah gaya hidup, aktivitas fisik seperti aerobik atau jalan kaki akan merangsang produksi endorfin, peningkat mood pada otak. Makan sayur dan buah - buahan menggantikan vitamin yang hilang dan meningkatkan daya tahan tubuh. Biasakan hidup rileks dengan membaca, mendengarkan musik, meditasi atau yoga.
Pada saat stres datang kita harus sadar dan segera ambil keputusan yang tepat yaitu komunikasi dengan soulmate. Konsumsi HGH 3 x 4 semprot dan Propolis 3 x 10 tetes perhari dan mempunyai harapan dan positive thingking.
71. SEMBELIT
Konstipasi ditandai dengan beberapa ciri, antara lain : buang air besar kurang dari dua kali seminggu, sulit mengeluarkan feses, serta feses keras disertai perasaan tidak tuntas setelah BAB. Kadang ada rasa nyeri saat BAB dan feses disertai darah.
Penyebab konstipasi secara umum dapat terjadi karena beberapa faktor umum seperti : gaya hidup, obat - obatan, penyakit, dan penambahan usia.
Faktor gaya hidup yang dimaksud misalnya kurang makanan yang berserat, kurang berolah raga, sering menunda defekasi / BAB. Menempuh perjalanan yang lama dan penerapan pola diet yang salah. Makanan yang kebanyakan protein, seperti daging, susu, keju, melebihi porsi normal, menjadikan tinja lebih kental dibanding tinja yang menunya lebih banyak serat.
Contoh obat - obatan yang menyebabkan konstipasi : opium, antidepresan dll.
Contoh penyakit : hemorhoid, luka / radang di anus, serta kelainan metabolisme seperti hipothyroid.
Dengan bertambahnya usia akan mengakibatkan melambatnya metabolisme dalam tubuh. Hal ini juga dikarenakan adanya keterbatasan tubuh dalam melakukan aktivitas dan mulai timbulnya penyakit degeneratif pada usia lanjut. Sedang pada bayi dapat terjadi konstipasi pada saat penggantian susu formula, alergi atau adaptasi pada saat makan pertama.
Jenis konstipasi : Berkurangnya frekwensi normal defekasi, rektum ( bagian saluran usus ) terasa penuh sehingga pembuangan feses jadi tidak sempurna.
Defekasi yang nyeri karena feses keras atau ada kelainan di sekitar anus.
Sifat traumatik, karena kesakitan yang luar biasa pada saat BAB.
Biasakan BAB rutin setiap hari. Kalau mengalami kesulitan mulai dengan tingkatkan kegiatan fisik misalnya jalan – jalan pagi atau sore yang bertujuan merangsang keinginan BAB. Konsumsi Propolis 3 x 10 tetes perhari, minum banyak air putih minimal 2 liter sehari dan diet kaya serat ( sayur – sayuran dan buah – buahan ).
72. VARISES
Menunjukkan adanya dilatasi vena yang memanjang dan berkelok - kelok. Penyebab varises vena yang pasti belum diketahui. Bisa kelemahan jaringan dinding pembuluh darah yang sifatnya diturunkan yang terjadi pada vena - vena permukaan karena kurangnya dukungan dari jaringan luar. Faktor kedua karena gangguan sistim vena dalam yang timbul kongenital atau bukan, menyebabkan melebarnya vena - vena permukaan.\
Faktor - faktor penunjang untuk teradinya varises :
 Familial artinya ada riwayat keluarga
 Diturunkan secara genetik.
 Berdiri terlalu lama
 Kehamilan
Gejala - gejala klinis :
Selain secara kosmetis, nyeri tumpul / ngentek yang ringan terutama menjelang malam hari. Rasa tidak nyaman secara khas akan berkurang dengan mengangkat kaki dan memakai stocking penunjang.
Komplikasi jarang tapi bisa terjadi bintik – bintik perdarahan atau pembengkakan dan perlukaan.
Pengobatan :
Alat penunjang / penyokong elastis.
Operasi untuk varises yang mengganggu penampilan tungkai bawah, menghilangkan rasa tidak nyaman.
Untuk varises gunakan Propolis 3 x 10 tetes perhari . Usahakan jangan banyak berdiri dan sesekali kaki bisa diselonjorkan dan diistirahatkan.



0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | SharePoint Demo